. . .

HKN ke-54, Bupati : Puskesmas dan Tenaga Medis Harus Berperan Aktif

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54. Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad, minta Puskesmas dan tenaga kesehatan harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan terus melakukan promosi perilaku hidup bersih.

Menurut Bupati, didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Majril mengatakan, saat ini alokasi anggaran untuk bidang kesehatan yang disiapkan oleh pemerintah cukup besar, sehingga besar juga harapan agar permasalahan kesehatan tersebut dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

” Peringatan HKN ke-54 ini sebagai momentum yang baik untuk mengingatkan kita bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif,” Kata Majril kepada translampung.com melalui sambungan telpon pada (12/11/2018) pukul 13:11 WIB.

Lanjut dia, dalam kesempatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54, kita patut bersyukur bahwa berbagai Program Kesehatan yang dilaksanakan telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat kita refleksikan melalui hasil-hasil pembangunan kesehatan yang meliputi upaya mendekatkan akses pelayanan kesehatan dan peningkatan mutu layanan.

” Dibalik berbagai keberhasilan pembangunan bidang kesehatan, kita juga masih menghadapi tantangan permasalahan kesehatan yang masih terjadi di Indonesia, diantaranya masih tingginya angka kematian ibu, tingginya angka kurang gizi, penyakit menular dan tidak menular. Ini harus segera diselesaikan jika kita ingin meningkatkan kualitas hidup saat ini dan masa yang akan datang,” Katanya.

Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional saat ini, mari kita kobarkan semangat melayani, semangat menggerakan. Semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang dimulai dari diri kita masing-masing.

” Saya juga mengajak kita semua untuk senantiasa mengenang jasa para pejuang pembangunan kesehatan, meneladani semangat dan pengabdian mereka.” Imbuhnya. (Dirman)