. . .

Hindari Golput Pemilu 2019, KPU Way Kanan Gencar Laksanakan Rapat Koordinasi dan Sosialisasi

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, NEGARA BATIN – Menjelang pemilihan umum pada tahun 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan Gencar melaksanakan rapat koordinasi dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat supaya tidak terjadi Golput serta melindungi hak pilih setiap warga negara pada pelaksanaan Pemilu nanti.

Seperti yang dilakukan KPU hari, KPU melakukan Rapat koordinasi dan sosialisasi bagi warga penghuni register 44 Kecamatan Negara Batin, yang berlangsung di Aula kecamatan Negara Batin, Kamis (25/10/2019).

Ketua KPU Way Kanan, Darul Hafiz mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah untuk mensosialisasikan dan melindungi hak pilih warga negara, sebagaimana tahapan penyempurnaan DPTHP dengan adanya Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP).

“Adapun syarat untuk dapat menjadi pemilih hal ini diatur oleh Undang-undang dan Peraturan KPU. Sehingga dipandang penting untuk seluruh warga register memberikan data diri, mengecek apakah sudah masuk DPT atau belum,” Kata Darul.

KPU juga memastikan, bagi warga register yang telah memiliki KTP Elektronik dapat menggunakan hak pilihnya sesuai alamat domisili. Jikalau ada yang memiliki KTP Elektronik luar Way Kanan tetap bisa menyalurkan hak pilihnya, namun surat suara dibatasi sesuai daerah pemilihannya.

Sementara itu, Kordinator bukaan Laban Jaya, Abu Hasan menjelaskan bahwa, Warga yang sudah menghuni lebih dari 15 tahun bukanlah perambah, tetapi hanya ber usaha diatas tanah terlantar. Karena Di lahan register tersebut sudah ada pasar, masjid, pure, rumah permanen yang dihuni sekitar 2.845 KK.

“saya berharap warga register dapat diakomodir hak pilihnya, karena sebagian besar warga sulit untuk kembali ke tempat asal karena sudah lebih 10th tidak pulang, identitas sudah dicoret bahkan kepala kampung tempat asal sudah berganti,” Harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kesbangpol, Marson. mengajak masyarakat untuk proaktif melaporkan data diri masyarakat agar bisa memilih saat Pemilu. “Hak pilih memang diatur Undang-undang, namun ada syarat yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi pemilih. Mari kita sukseskan Pemilu 2019, ciptakan suasana tenang dan damai di wilayah kita,” Ujar Marson.

Pada kesempatan itu juga, Kadis Dukcapil, yang diwakili Sekretaris, Syahrul Munir. mengatakan Dukcapil siap membantu memfasilitasi dokumen kependudukan.”tetapi tetap berdasar pada aturan dan prosedur Undang-undang 24/2013 tentang Kependudukan dan Perpres 25/2008,” Kata Munir.

Ditambahkan Darul Hafiz bahwa KPU Way Kanan meminta data seluruh warga by name dari setiap wilayah bukaan, baik yang telah memiliki KTP Elektronik maupun yg belum,”Karena data ini akan dilakukan pencermatan dan dilaporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi Lampung,”Pungkasnya.

Sosialisasi tersebut dihadiri Ketua KPU Darul Hafiz dan komisioner, Sekretaris Kpu, Kepala Kesbangpol Drs.Marson, Dinas Dukcapil, Bawaslu, Camat, Kapolsek dan Sub Danramil Negara Batin, PPK Negara Batin dan PPS sekitar register serta 14 orang koordinator bukaan. (migo).