Hasil Rekapitulasi KPUD Tulang Bawang

0
453
views

TRANSLAMPUNG.COM, MENGGALA-Berdasarkan hasil rekapitulasi KPUD Kabupaten Tulang Bawang (Tuba) Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang Winarti-Hendriwansyah mengungguli pasangan petahana Hanan A. Rozak dan Heri Wardoyo dan pasangan independen Syarnubi-Solihah.

Dari hasil rekapitulasi tersebut, pasangan Win-Hen berhasil meraup 48 persen suara, Handoyo 45 persen suara dan Syarnubi-Solihah 7 persen suara.

Keputusan tersebut tertuang dalam Keputusan KPU Kabupaten Tulang Bawang Nomor : 02 / KPTS/ KPU-KAB-008435585/ 2017, tentang penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara dan hasil pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tulang Bawang Tahun 2017, tertanggal 22 Febuari 2017.

Ketua KPUD Tulang Bawang Reka Punnata mengatakan, KPU Kabupaten Tulang Bawang menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil suara dari 15 Kecamatan se-Kabupaten Tulang Bawang.

Hal tersebut berdasar PKPU 07 jadwalnya mulai 22-24 Febuari 2017. Rekapitulasi hasil suara merupakan keharusan yang harus dilakukan oleh KPU Tulang Bawang, mengingat ini merupakan salah satu rangkain Pilkada Tulang Bawang.

“Alhamdulillah proses rekaputilasi hasil suara dari 15 Kecamatan berjalan dengan lancar, aman, tertib dan kondusif. Dari 15 Kecamatan tidak ada masalah semuanya sesuai dengan rekap saksi-saksi dan Panwaslu, dari hasil rapat pleno tadi KPU Tulang Bawang menggeluarkan surat keputusan yang mana hasil dari masing- masing pasangan calon yakni,” kata dia, Rabu (22/2).

Pasangan Calon Nomor Urut 1. Syarnubi-Solihah mendapatkan suara 14.221 dengan persentase 7 persen, lalu pasangan calon nomor urut 2. Hanan A Rozak-Heri Wardoyo memperoleh suara sebanyak 89.114 dengan persentase 45 persen, sedangkan pasangan calon nomor urut 3 Winarti-Hendriwansyah memperoleh suara sebanyak 94.362 dengan persentase 48 persen dan partisipasi pemilih 82 persen.

Reka juga mengatakan, hasil ini bukan merupakan penetapan calon yang menang, karena untuk penetapan pasangan yang menang pada Pilkada Tulang Bawang akan kita tetapkan pada 8 Maret 2017 mendatang, kalau tidak ada sengketa di MK kami pihak KPU Tulang Bawang akan merekomendasikan ke DPRD Tulang Bawang seterusnya DPRD Tulang Bawang akan meneruskan ke Menteri Dalam Negeri RI.

“Saya juga memberikan apresiasi kepada PPK, PPS dan KPPS yang telah melaksanakan Pilkada Tuba dengan lancar, jujur dan transparan. Kami sebagai penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Tulang Bawang yang telah menggunakan hak pilihnya pada pilkada Tulang Bawang, ” tambahnya.

Rapat pleno tersebut dihadiri oleh, Panwaslu Kabupaten Tulang Bawang, Forkompinda Tulang Bawang, PPK se-Kabupaten Tulang Bawang, saksi pasangan calon nomor urut 3 diantaranya, Dedi Afrizal, Sope’i, Subardi dan Ali Usmansyah, lalu pasangan calon nomor urut 2 diantaranya, Semin, Darius, Ica dan Dana Prayuda, namun sebelum acara rekapitulasi dimulai saksi dari pasangan calon nomor urut 2 meninggalkan ruangan (WO), sedangkan saksi pasangan calon nomor urut 1 tidak ada satupun yang hadir pada rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara.(als)