Hasil Penyelidikan Sementara, Ini Pemicu Kecelakaan Maut Bus Probolinggo

0
319
views

TRANSLAMPUNG.COM, PROBOLINGGO-Kecelakaan maut di Probolinggo yang merenggut 10 nyawa menjadi perhatian polisi. Untuk mengetahui secara pasti penyebab kecelakaan tersebut, Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jatim menerjunkan Tim Traffic Accident Analysis (TAA) ke lokasi. Mereka akan mengumpulkan berbagai keterangan yang ada hingga mengamati kondisi jalan di TKP.

Wadirlantas Polda Jatim AKBP M Aldian menerangkan, Tim TAA sudah berada di Probolinggo sejak Jumat pagi (14/7). Kesimpulan penyebab kecelakaan yang melibatkan bus Medali Mas dan Truk Fuso itu akan segera diketahui setelah TAA mengumpulkan petunjuk. “TAA diterjunkan karena banyak memakan korban jiwa. Hasil penyelidikan keluar sekitar dua sampai tiga hari,” terang Aldian kepada JawaPos.com.

Mantan Kapolres Pasuruan itu melanjutkan, gelar perkara akan segera dilakukan bersama beberapa instansi. Untuk dugaan sementara memang karena kondisi kedua sopir kendaraan itu sama-sama kelelahan. Sehingga tidak memperhitungkan kendaraan yang ada di depannya.

Dari laporan awal, lokasi tersebut minim penerangan. Tabrakan terjadi tak jauh dari tikungan tajam. Kemiringan jalan sekitar 15 derajat. Saat hendak masuk ke tikungan, kecepatan bus sekitar 70 km/jam. “Di lokasi tidak ada CCTV, karena kanan-kiri memang jarang rumah penduduk,” tambah Aldian.

Saat ini, kedua sopir kendaraan tersebut, Munawir (sopir truk) dan Rifai A. Kerto sudah diamankan di Mapolres Probolinggo. “Keduanya bisa kami mintai keterangan. Kalau warga sekitar tidak banyak, karena saat kecelakaan dini hari, kondisinya sepi,” lanjut mantan Wakapolres Banyuwangi tersebut.

Jalur di kawasan pantai Bentar itu memang dikenal rawan. Kondisi jalannya bergelombang dan sempit, hanya terdiri dari ruas jalan yang berlawanan. Dari informasi yang didapat JawaPos.com, awal bulan lalu juga terjadi kecelakaan yang melibatkan truk dan sepeda motor hingga menimbulkan korban jiwa.

Seperti diberitakan, Bus Medali Mas tujuan Malang bersrempetan dengan truk Fuso dari arah Surabaya di Gending, Probolinggo, Jumat dini hari sekitar pukul 02.30. 10 orang penumpang tewas, satu diantaranya merupakan warga negara Austria. Para korban duduk di bagian kanan bus yang bersrempetan langsung dengan bodi truk.

Satu orang korban masih belum teridentifikasi. Saat ini polisi masih berada di Probolinggo. Sudah ada beberapa keluarga korban yang tiba di RSUD Mohamad Saleh Probolinggo untuk menjemput jenazah kecelakaan. (JPG)