Hasil Kesepakatan, Penataan Kios Pasar Sidomulyo Dimulai

0
448
views

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA-Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Pemkab Lamsel) akan mulai melakukan penataan pembagian kios di Pasar Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo. Hal itu terungkap, dalam rapat antara Pemkab Lamsel dengan 20 orang pedagang baru yang digelar di ruang rapat Asisten Bidang Ekobang, Rabu (8/2).

Dari pantauan dilokasi, meski pada awalnya para pedagang baru tetap keukeh tidak ingin pindah dari kios yang mereka terima saat pembagian beberapa waktu lalu, namun setelah mendapatkan penjelasan dan pemaparan dari tim akhirnya mereka sepakat untuk ditata ulang.

“Jika ini memang yang terbaik dan semua menyepakati di tata ulang, kami ikut aturan pemerintah. Asalkan, kami tetap mendapatkan jatah kios dari sisa pembagian kios pedagang lama,” kata Yog Sugiarto salah seorang pedagang Pasar Sidomulyo, dalam rapat tersebut.

Menanggapi hal itu, Asisten Ekobang Mulyadi Saleh menegaskan, dalam rapat tersebut dilakukan agar penataan kios pasar bisa segera dilakukan sesuai dengan kesepakatan tim formatur. Sehingga, seluruh pedagang baik lama maupun baru bisa terakomodir.

“Mulai sekarang kita hapus istilah pedagang lama dan baru. Semuanya adalah masyarakat Sidomulyo yang sudah seharusnya di ayomi pemerintah dan memiliki hak yang sama,” ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk teknis dalam melakukan penataan pasar tersebut, pemerintah akan merampungkan penataan kios bagi 47 pedagang lama yang sebelumnya memang memiliki kios di pasar Sidomulyo. Setelah itu, baru akan mengundi sisa 20 kios yang akan ditempati oleh para pedagang baru.

“Intinya, kami ingin menyampaikan bahwa penerima kios di dahulukan oleh pedagang lama. Yang baru menyesuaikan setelah 47 pedagang lama mendapatkan kios. Ini untuk memudahkan kita semua dalam melakukan penataan. Sehingga, semua mendapatkan hak yang sama dan dipastikan mendapatkan jatah kios,” kata dia.

Ditambahkan dia, dalam penataan kios bagi 47 orang pedagang lama akan dilakukan besok. Sedangkan Pemerintah, akan mengawasi teknis pembagian kios seperti yang tertuang dalam kesepakatan tim formatur.

“Jumlah kios keseluruhannya 114. 47 pedagang lama mendapatkan jatah masing-masing dua kios dengan asumsi ukuran yang dahulu sama dengan dua kios sekarang. Setelah itu, 20 pedagang baru mendapatkan jatah masing-masing satu kios dan jumlahnya sudah pas,” ujar dia.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Edy Firnandi, akan langsung turun ke lapangan untuk memulai pembagian kios.

“Insya Allah, pembagian kiosnya besok akan langsung kami pantau. Mudah-mudahan, bisa berjalan lancar dan adil sesuai komitmen bersama yang telah disepakati,” kata dia.(jhn)