. . .

Hasiah Bachtiar Basri Ajak Warga Pringsewu Ramaikan Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PRINGSEWU – Wakil Ketua TP PKK Provinsi Lampung Hasiah Bachtiar Basri mengajak warga Pringsewu meramaikan lomba Kesatuan Gerak PKK, Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, serta Kesehatan (Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan) Tingkat Provinsi Lampung 2018, Kamis (29/11/2018). Lomba bertema ‘Gerakan Keluarga dan Masyarakat Hidup Sehat menuju Indonesia Sejahtera’

Pada kesempatan itu, tampak hadir Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, dan Ketua TP PKK Pringsewu Nur Rohmah Sujadi. Pada acara yang berlangsung di Pekon Tanjung Anom, Kecamatan Ambarawa itu, Hasiah yang juga Ketua Tim Penilai, menjelaskan lomba tersebut merupakan salah satu ajang mawas diri terhadap kegiatan yang dilakukan selama 2018.

“Kesrak PKK-KKBPK-Kesehatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dengan bakti sosial TNI-KB-Kesehatan hingga Oktober. Kemudian, dilanjutkan Kesra PKK-KKBPK-Kesehatan yang dilaksanakan intensif pada Oktober hingga Desember. Selain itu, Hari Kesehatan Nasional pada 12 November, Hari Kesrak 4 Maret dan, Hari Keluarga 29 Juni,” kata Hasiah.

Hasiah menjelaskan acara tersebut merupakan salah satu wahana yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi kerja para pihak terkait. Sehingga, terpacu untuk lebih intensif mencapai cakupan atau sasaran program menjelang berakhirnya tahun kegiatan. “Selain itu, diharapkan mampu memicu keberhasilan kegiatan PKK dalam menggerakkan keluarga dan masyarakat untuk berprilaku lebih baik dan berperan menyukseskan program pemerintah,” kata Hasiah.

Lebih lanjut Hasiah menyebutkan, pada 2018 Provinsi Lampung berhasil meraih beberapa penghargaan di tingkat nasional. Pada lomba Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan meraih Pakarti Utama I Lingkungan Bersih dan Sehat.

Kemudian, Pakarti Utama I Prilaku Hidup Bersih dan Sehat, dan Pakarti Utama II Posyandu, dan Pakarti Madya III Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan. “Untuk kegiatan PKK meraih Pakarti Utama III Pola Asuh Anak dan Remaja dan Pakarti Utama III Pemanfaatan Halaman dan Pakarti Madya III IVA Tes,” jelas Hasiah.

Lomba ini menurut Wakil Bupati Fauzi merupakan salah satu inovasi dan upaya Pemerintah Daerah bersinergi dengan masyarakat untuk mengembangkan promosi kesehatan keluarga berencana melalui mahasiswa sebagai motivator. “Hal tersebut merupakan strategi Pemerintah bersama stakeholder bahwa program KB sudah kita sosialisasikan dari TK sampai perguruan tinggi di Kabupaten Pringsewu,” ujar Fauzi.

Di sisi lain, Nur Rohmah Sujadi mengatakan Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga melalui pemberdayaan.

“Secara khusus peran Pemkab Pringsewu melalui stakeholder, lembaga nonpemerintah, dan swasta ikut berpartisipasi dan memfasilitasi melakukan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat agar kualitas hidup masyarakat Pringsewu meningkat dan sangat sesuai tema yang diusung,” kata Nur Rohmah.

Setelah acara pembukaan, seluruh rombongan dan Tim Penilai berkunjung dan menilai ke tiap-tiap Pokja yang dengan memberikan berbagai bentuk masukan, aspirasi, dan apresiasi agar dapat lebih meningkatkan kualitas dan hasil dari masing-masing pokja. (rls)