. . .

Harus Ada, Identitas dan Layanan Pengaduan

image_print

Hindari Kejahatan

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA – Revisi Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 108 tahun 2017 terkait operasioanl perusahaan transportasi berbasis aplikasi kini masih terus melakukan menyusul penolakan kalangan driver beberapa waktu lalu. Revisi yang tengah dibahas ini diharapkan bisa memastikan memberikan rasa aman bagi penggunanya.

Komisioner Komnas Perempuan, Sri Nurherwati, mengatakan aspek keamanan menjadi hak utama bagi penumpang di alat transportasi umum. Perlidungan yang diberikan bukan hanya terhadap kaum perempuan saja, tetapi juga aspek keamanan bagi pengguna secara umum.

Menurutnya, perlindungan keamanan pengguna bisa meliputi adanya nomor layanan pengaduan, nomor identitas kendaraan dan pengemudinya, serta identitas formal lainnya.

”Bahkan standar perlindungan ini sebaiknya seperti yang ada di kereta (commuterline) itu, ada kampanye pencegahan kekerasan seksual. Itu ditayangkan,” ucapnya dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (18/4).

Sri mengatakan, secara formal pihaknya memang belum melakukan diskusi dan koordinasi dengan regulator terkait itu. ”Kita terus dorong di tingkat pemerintah bagaimana membangun mekanisme transportasi yang aman untuk perempuan,” tegasnya.

Terlebih, menurut dia, terdapat hasil riset baru-baru ini bahwa DKI Jakarta disebut kota paling tidak aman.

Maka berbagai aspek keamanan baik itu formal maupun aksesoris seperti kaca kendaraan yang tidak terlalu gelap agar tetap bisa kelihatan dari luar merupakan bagian penting.

”Itu dorongannya ke sana. Tidak peduli taksi online maupun taksi reguler ya,” terusnya.

Pada prinsipnya adalah pencegahan.

”Poin-poinnya ya tidak melakukan kekerasan ke perempuan. Ada pengaduannya. Ada pencegahannya. Saya pernah dapat berita juga bahkan korbannya anak-anak karena sopirnya eksibisionis,” sesalnya.

Permenhub 108 yang sejatinya berlaku 1 Februari 2018 kemudian ditunda memang diatur mengenai identitas dan aspek keamanan lainnya. Namun, hingga kini gaungnya belum terdengar dan implementasi di lapangan belum benar-benar diterapkan. (nas/JPC/jpg)