GUBERNUR LAMPUNG DAN BUPATI PESAWARAN IKUT DALAM AKS TNI AL 2017

0
1301
views

TRANSLAMPUNG.COM- Apel Komandan Satuan (AKS) TNI AL tahun 2017 yang puncaknya dilaksanakan di pantai pendaratan TNI AL Caligi kabupaten Pesawaran pada Kamis (23/2/17). Rangkaian kegiatan tahunan ini di laksanakan tidak seperti biasanya, AKS dibuka sehari sebelumnya oleh orang nomor satu di TNI AL yakni Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P diatas kapal perang KRI Surabaya-591 dalam pernyataannya yang disampaikan dalam pelayarannya di Teluk Lampung, Kasal menyampaikan bahwa AKS yang dilaksanakan diatas kapal perang dimaksudkan untuk mempertegas kembali bahwa medan tugas utama kita adalah di laut.

Ditambahkan pula bahwa melalui AKS ini diharapkan para peserta dapat memberikan masukan-masukan yang konstruktif guna mendukung kebijakan TNI Angakatan Laut yang telah ditetapkan, selain itu rangkaian AKS yang kali ini ditambah dengan kegiatan ketangkasan prajurit bertujuan untuk membakar kembali jiwa militansi keprajuritan yang ada dalam diri para peserta, dan kerjasama team.

Puncak acara AKS diikuti oleh 310 orang dari seluruh Komandan Satuan mulai dari perwira berpangkat Mayor sampai dengan Laksamana Muda / Mayjen di jajaran TNI AL, kegiatan diawali dengan penerjunan Komando Pasukan Katak dari Pesawat TNI AL dan pendaratan amfibi oleh tiga buah tank BMP-3F dan enam buah tank LVT-7 serta beberapa LCPP / sekoci pendarat yang membawa seluruh peserta dari KRI Teluk Bintuni-520 dan KRI Surabaya-591 mendarat di pantai Caligi, pendaratan yang disambut dengan rentetan peluru dan ledakan yang menggelegar beberapa kali membuat suasana pantai seperti di medan pertempuran sungguhan.

Setelah mendarat para peserta AKS yang dibagi dalam sepuluh pleton melaksanakan ketangkasan prajurit berupa naik turun jaring, meniti tali, melempar kapak dan pisau dan menembak pistol serta ketangkasan prajurit di perairan berupa dayung, membalikan perahu karet dan diakhiri dengan renang militer.

AKS TNI AL tahun ini yang mengangkat tema “Penajaman peran Komandan Satuan guna meningkatkan efektifitas operasi, kesiapan alutsista dan profesionalisme prajurit matra laut” selain diikuti para Komandan satuan di jajaran TNI AL juga ikut hadir Gubernur Lampung H. M. Ficardo, M.Si dan Bupati Pesawaran H. Dendi Romadhona, S.T. yang membaur ditengah-tengah para Komandan.

Dalam pelaksanaan AKS di pantai Caligi melibatkan banyak unsur operasi TNI Angkatan Laut, nampak Lima buah Kapal Perang yang terlihat berlabuh dan sebagian berpatroli di sekitar Teluk Ratai, KRI tersebut yaitu KRI Surabaya, KRI Teluk Bintuni, KRI Barakuda, KRI Wiratno dan KRI Diponegoro serta KAL Pohawang Dan Patkamla Lanal Lampung Pulau Sebesi, tidak ketinggalan pula Pesawat dan dua buah Helikopter TNI AL yang membawa para pasukan penerjun dan para pejabat TNI AL.

Komandan Pangkalan TNI AL Lampung (Danlanal) Letkol Laut (P) Kelik Haryadi, S.H., M.Si menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh prajurit TNI AL di Lampung baik Lanal maupun Brigif yang telah jauh-jauh hari sudah menyiapkan kegiatan ini, selain itu ucapan terima kasih juga disampaiakan kepada pihak pemerintah daerah dan semua pihak sehingga terselenggara rangkain AKS TNI Angkatan Laut dengan lancar.

Rangkaian puncak kegiatan AKS di tutup oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Muda TNI A. Taufiq R.(adv)