. . .

Gubernur Lampung Buka Akses Petani ke Lembaga Perbankan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka akses para petani ke seluruh lembaga Perbankan di Provinsi Lampung sebagai langkah konkret implementasi Program Kartu Petani Berjaya (KPB).

Hal itu dilakukan Gubernur Arinal dalam acara silaturahmi kalangan Perbankan dengan Gubernur Lampung, di Woodstairs Cafe & Resto, Bandarlampung, Selasa (23/7/2019) Malam.

Menurut Arinal, KPB menjadi program pertama dan unggulan dari 9 program utama yang digagasnya. Kartu ini diharapkan dapat difungsikan sebagai alokasi penyedia pupuk, asuransi, Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan beasiswa bagi anak petani.

“KPB ini bertujuan agar petani mendapatkan kepastian terkait penyaluran pupuk, benih, dan bantuan kredit usaha pertanian lainnya. Karena selama ini petani merasakan terkadang penyaluran pupuk tidak tepat sasaran, dan lainnya. Pengimplementasian kartu ini pada ujungnya diharapkan mampu mensejahterakan petani Lampung,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, Gubernur mengajak kalangan Perbankan bersama untuk meningkatkan perekonomian Lampung dan membangun Provinsi Lampung.
“Bapak ditugaskan ke Lampung ini bukan hanya untuk karier. Tetapi untuk membangun Lampung bersama Gubernur. Karena itu, saya meminta dukungan dalam menyalurkan perkreditan dengan baik kepada masyarakat Lampung,” ujar Arinal.

Arinal menjelaskan Provinsi Lampung memiliki potensi di Sektor Pertanian dalam artian luas, seperti pertanian, perkebunan, kelautan perikanan, dan kehutanan.

“Provinsi Lampung memiliki potensi yang sangat luar biasa. Hal ini dikarenakan Lampung merupakan penghasil singkong nomor satu dunia, jagung ketiga nasional, kopi nomor satu Indonesia, dan hasil pertanian lainnya. Kalau tidak duduk bersama, maka tata kelolanya tidak akan baik, sehingga tujuannya kurang tercapai,” ujar Gubernur.

Dengan alasan itu, Gubernur Arinal mengajak semua Perbankan di Lampung untuk bersinergi. “Karena bapak-bapak semua disini diperintahkan untuk membangun Lampung bersama Gubernur,” jelas Gubernur Arinal.

Gubernur juga menilai Sektor Pertanian tak bisa lepas dari sektor lainnya. “Hal ini karena ketika berbicara petani, maka semua sektor akan terbawa,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Lampung Budiharto Setyawan menjelaskan Perbankan di Provinsi Lampung siap mendukung Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam membangun Provinsi Lampung.

“Kami perbankan di Lampung siap mendukung Pak Gubernur Arinal dalam meningkatkan perekonomian dan pembangunan Provinsi Lampung,” jelasnya. (*)

error: Content is protected !!