. . .

Gorong-Gorong Jalinbar Gisting Rampung, Arus Lalin sudah Dua Arah

image_print

SUDAH DUA ARAH: Pemasangan gorong-gorong di Jalinbar ruas Tikungan Sempulur perbatasan Pekon Gisting Atas dan Gisting Bawah sudah rampung dan pengendara sudah bisa menikmati arus lalulintas dua arah. (Foto: AYP)

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Pemasangan gorong-gorong box culvert pada Jalan Lintas Barat (Jalinbar) ruas perbatasan Pekon Gisting Bawah dan Gisting Atas, telah selesai. Tahap selanjutnya membuat badan jalan. Kini para pengendara sudah dapat menikmati arus lalulintas normal dua arah, bukan lagi sistem buka-tutup.

Pengawas lapangan pemasangan gorong-gorong Darmawan mengatakan, badan jalan yang dibuat adalah sisi selatan jalan atau lajur kiri dari arah Gisting Bawah. Titik ini adalah tanah timbunan dari proses pemasangan gorong-gorong yang nanti akan dijadikan badan jalan baru.

“Di sisi ini nantinya dicor, jadi yang sebelah tetap menggunakan badan jalan lama yang aspal, sebelahnya baru dicor. Jadi di sini ada dua bentuk jalan berbeda, jalan yang cor dan jalan yang aspal,” jelas Darmawan, Kamis (24/5) sore.

Ia mengaku dengan tuntasnya perbaikan itu, maka kelebaran badan jalan sudah pasti bertambah. Sebab tanah timbunan dari perbaikan sudah bisa digunakan untuk satu jalur. Sedangkan permukaan akan disamakan ketinggiannya. Dan pada badan jalan aspal yang dipotong nanti akan diaspal.

“Pengguna jalan bisa menikmati pembukaan sistem jalan dua arah. Sampai nanti ada pembuatan cor pada badan jalan. Saat itu maka badan jalan yang dicor harus ditutup dan lalulintas kembali lagi pada badan jalan yang diaspal,” tandas Darmawan. (ayp)