Gile, Juni PLN Mau Naikkan Tarif Pelanggan 900 VA. Naiknya Gak Tanggung-tanggung 140 Persen

0
636
views
ilustrasi (Foto: ist)

JAKARTA, RadarPena.com – PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana akan menaikkan tarif listrik khusus untuk golongan rumah tangga dengan kapasitas 900 volt ampere (VA). Kisaran kenaikan tarif yang direncanakan adalah sebesar 140%. Sedianya rencana ini baru akan diterapkan pada awal Juni mendatang.

Rencana ini ditentang keras pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pasalnya kenaikan tarif terlalu besar dan dalam kondisi yang belum pas. Pasalnya industri UMKM tengah merangkak naik setelah tahun lalu juga turut mengalami kelesuan. Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun menyatakan rencana ini tidak match dengan semangat pemerintah yang berjanji akan memajukan industri UMKM.

“(Dampaknya kenaikan) ya berarti costnya kan, cost produksi pada UMKM itu akan meningkat. Sedangkan dia bertahan harga-harga yang lebih murah, berarti apa? Dampak terhadap itu harus diharmonisasi dulu atau dievaluasi dulu, jangan asal keluarkan kebijakan,” kata Ikhsan di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Jakarta, Senin (11/4).

Ikhsan menegakan dampak terburuk dari kebijakan ini akan membuat semakin banyaknya pelaku UMKM yang tumbang. Pasalnya mayoritas pelaku UMKM adalah pelanggan PLN dengan kapasitas terendahnya 900 VA. Ikhsan meminta pemerintah dan PLN memikirkan ulang rencana kebijakan tersebut.

“Kecuali kalau tarif untuk UMKM ada keberpihakan, diskon atau apalah boleh. Tapi ini kan tidak, disamakan semuanya (dengan industri menengah-besar). Kalau nggak ada lagi subsidi berarti biaya produksinya meningkat. Dampaknya kepada harga yang diberikan kepada pelanggan,” tukasnya. (tnn)

LEAVE A REPLY