Gas 3 Kilogram, Harga Eceran Way Kanan Sangat Tinggi

0
173
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG- Menjelang hari raya idul fitri identik dengan meroketnya harga gas elpiji seperti pada tabung 3 kilogram, namun pihak Pertamina tidak pernah menaikan harga. Hal itu diungkapkan oleh Sales Eksekutive Elpiji Region III, Widi Tri Adi kepada Trans Lampung via telpon, Minggu (18/6).

Widi mengatakan, bahwa Harga Eceran Tertinggi (HET) elpiji 3 kilogram untuk wilayah kota Rp16.500, dan untuk harga dari agen ke eceran tergantung jarak lokasi pengiriman dari SPBE.

“Untuk wilayah kota HET Rp16.500, dan dari agen ke pengecer tergantung jarak tempuh lokasi atau daerah yang harus menggunakan penyebrangan seperti di Mesuji ,” kata Widi.

Dia menambahkan, kalau ada oknum agen atau pangkalan yang menjual gas elpiji tabung 3 kilogram melebihi yang ditetapkan pemerintah atau dirasa tidak wajar, diharap dapat langsung melaporkan ke pihak Pertamina melalui call centre 100-000-0500.

“Kalau ada agen atau pangkalan yang memberikan harga yang tidak masuk akal langsung saja lapor lewat call centre pengaduan, dan nanti kami akan melakukan penyelidikan dan memberikan sanksi kepada agen atau pangkalan tersebut,” ungkap dia.

Selain itu, menurut pantauan Trans Lampung di beberapa daerah Provinsi Lampung harga gas elpiji tabung 3 kilogram cukup bervariasi. Seperti di Kabupaten Tulangbawang Barat harga gas elpiji 3kg yang sebelumnya Rp23 ribu kini turun menjadi Rp21 ribu, kemudian di Kabupaten Pringsewu dari Agen Rp17 ribu lalu pengecer menjual dengan harga Rp21 ribu. Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Way Kanan untuk harga dari Agen Rp18 ribu kemudian harga ecerannya cukup fantastis, yaitu Rp23 ribu hingga Rp25 ribu. (dir/r5/yhs/hkw)