. . .

FP Unila Sabet MURI Akademik Pertama di Indonesia

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan anugrah penghargaan kepada Fakultas Pertanian (FP) Universitas Lampung (Unila) sebagail salah satu 101 Fakultas terbaik di Indonesia.

Rektor Unila Hasriadi Mat Akin yang ditemui di Aula FP, Selasa (27/2) seusai menerima penghargaan tersebut mengatakan MURI akademikpertama yaitu perolehan hak cipta terbanyak dalam satu catur wulan dimana program yang ada didalam FP dan diharapkan fakultas lain bisa mengikuti.

“Ini kan program fakultas pertanian saya harap fakultas lain bisa mengikutinya, ini merupakan Muri Akademik untuk yang pertama kali kalau misalnya Muri banyaknya topeng dan sebagainya kan itu biasa tapi ini akademik baru kali ini, saya kira fakultas lain gak tanggung-tanggung juga tapi belum diekspos aja,” katanya.

Sementara itu Dekan Fakultas Pertanian Prof.Dr.Ir.Irwan Sukri Banua mengatakan, ia bersyukur atas penganugerahan rekor Muri pada tahun ini.

“Selain itu seluruh program studi di Fakultas Pertanian ini juga telah mendapatkan akreditas A. Seperti Program Studi Magister Agronomi, Program Studi Magister Teknologi Industri Pertanian, Program Studi Agroteknologi, dan Program Studi Budidaya Perairan,” jelasnya, Selasa (27/2).

Tidak sampai disitu , lanjut Irwan sapaan-akrabnya menambahkan, penganugerahan rekor Muri ini bukan hanya milik dirinya seorang, tetapi juga milik semua yang ada di dalam Fakultas Pertanian Unila.

“Ini adalah hasil dari banyak nya penelitian dosen-dosen fakultas kita yang terdiri dari berbagai jurusan, kemudian ditulis dalam bentuk buku dan dibuatkan hak cipta lalu kita usulkan MURI begitu mekanismenya, nah setelah ini dosen kita akan terus melakukan penelitian juga kita usulkan hak cipta,” tambahnya.

Menurutnya dari sekian banyak buku dari hasil penelitian, satu judul yang menonjol yaitu mengembangkan pertanian secara luas di Indonesia sesuai dengan bidang ilmu yang dimiliki oleh dosen.

“Satu judul mengembangkan pertanian secara luas di Indonesia semoga bisa menginspirasi adek-adek kita untuk berkompetisi di dunia pertanian, juga dapat mempertahankan ini semua, dan untuk ke depan bisa lebih baik lagi,” terangnya kepada Trans Lampung. (r4/hkw)