. . .

Forum OPD Wujud Sinergitas Percepatan Pembangunan

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Bandarlampung, Yusuf Kohar membuka kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Bandarlampung, yang diselenggarakan di Gedung Semergou, Rabu (14/3).

Dalam kegiatan tersebut Yusuf Kohar mengatakan, bahwa Forum OPD tersebut merupakan wadah bersama pelaku pembangunan sebagai wujud pendekatan partisipasi perencanaan pembangunan daerah yang membahas rancangan rencana kerja OPD, yang disinergikan dengan usulan program kegiatan prioritas yang dihasilkan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan.

Dokumen RPJMD Kota Bandarlampung tahun 2016-2021 sebagai penjabaran visi dan misi kepala daerah yang ditetapkan pada 6 oktober 2016 melalui Perda nomor 4 tahun 2016. Namun karena adanya penyesuaian struktur organisasi perangkat daerah dan implementasi UU no 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang perangkat daerah maka dokumen RPJM yang telah ditetapkan sebelumnya dilakukan perubahan dengan tetap mengikuti kaidah peratura UU yang berlaku.

Saat ini, sambung dia, raperda tentang perubahan RPJMD Kota Bandarlampung tahun 2016-2021 masih dalam proses pembahasan.

“Forum OPD ini memiliki arti penting dalam rangka mengawal kepentingan dan aspirasi masyarakat yang terangkum dalam hasil musrenbang ditingkat kelurahan dan kecamatan,” ujar dia.

Hendaknya, sambung dia, para kepala OPD agar benar-benar memperhatikan hasil Musrenbang tingkat Kelurahan maupun Kecamatan, sehingga nantinya dapat menyerap dan mengalokasikan program kegiatan secara proporsional sesuai dengan kebutuhan Kecamatan atau Kelurahan.

“Sinkronisasi program dan kegiatan antar OPD yang dilaksanakan oleh lebih dari satu OPD dalam mencapai sasaran pembangunan yang ditetapkan juga harus menjadi perhatian, selain itu penggunaan anggaran agar benar-benar dapat dimanfaatkan sesuai dengan prioritas yang tepat menurut kondisi, potensi dan kebutuhan masing-masing kecamatan,” jelas dia.

Untuk itu, lanjut Yusuf Kohar, dirinya meminta agar para Camat benar-benar memperhatikan dengan seksama arah kebijakan program dan kegiatan perangkat daerah, serta dapat memberikan masukan dan solusi dalam mengatasi persoalan di wilayah Kecamatan masing-masing. (jef/hkw)

 

error: Content is protected !!