. . .

FMMP Berdayakan Generasi Muda Lestarikan Adat Budaya

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PANARAGAN – Upaya peningkatan kebersamaan dan menjalin tali silaturahmi ‎antar pemuda di Tiyuh panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kabupaten Tulangawag Barat (Tubaba) kalangan muda tiyuh setempat membentuk Forum Mulei Meghanai Panaragan (FMMP) atau Forum Bujang Gadis.

Menurut pemuda kelahiran Suku Tepuk Leban Tiyuh Panaragan, Rudi Yanto SH, kehadiran FMMP merupakan langkah awal memberdayakan generasi muda dalam kehidupan sosial masyarakat, agar tetap melestarikan tradisi budaya lokal yang mulai terkikis oleh era modernisasi.

“Kita berharap organisasi ini dapat memberikan edukasi terhadap generasi muda, mengingat pesatnya perkembangan teknologi dan informasi di era saat ini, sehingga dengan adanya FMMP, pemuda dapat ikut berkiprah dalam kemajuan daerah Tubaba, dengan tidak melupakan adat budaya atau tradisi leluhur,” kata dia, pekan lalu.

Senada diungkapkan Tajri Dinyati S.Pd, selaku pengurus inti organisasi tersebut. Pasca terbentuknya FMMP sejumlah pemuda Panaragan telah mengawali aktifitasnya dengan kegiatan perdana melakukan penjualan produk keripik pisang dan keripik singkong, bekerjasama dengan industri rumah tangga Al Azhar, di RK 1 Kampung Jamaah Muslimin, Tiyuh Panaragan.

“Salah satu kegiatan kami adalah melakukan promosi produk hasil dari Tiyuh Panaragan, dengan menjualnya di pusat keramaian Islamic Center,  Tugu Rato dan Tugu Empat Marga. Kegiatan ini juga secara tidak langsung memperkenalkan organisasi kepemudaan kepada masyarakat luas, tentang pentingnya menjaga dan melestarikan budaya kebersamaan. Selain itu juga berbagai macam pelatihan kepemudaan akan kita laksanakan, untuk mengembangkan bakat pemuda dan pemudi Panaragan,” jelasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Tiyuh Panaragan, Saibun Muin, mengatakan dengan adanya Forum Mulei Meghanai Panaragan tersebut diharapkan dapat terbangun kebersamaan dan persatuan pemuda.

“Kita berikan kesempatan kepada pemuda dan pemudi Panaragan untuk terus berkarya, dengan  adanya organisasi FMMP itu, para pemuda pemudi dapat menjaga kebersamaan, saling peduli, bisa bersatu dan terus maju, serta dapat ikut berperan dalam menggapai kemajuan daerah,” harapnya. (dirman)