Flyover Cikditiro, Sengketa akan Diselesaikan BPN

0
116
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG- Sengketa lahan dipembangunan flyover Pramuka – Cik Ditiro Kemiling akan diselesaikan dan diputuskan oleh BPN kota Bandar Lampung. Pasalnya sampai saat ini kedua pihak sama – sama klaim bahwa itu tanah mereka.

Menurut Kepala BPN Kota Bandar Lampung Mujahidin mengatakan pihaknya masih akan turun kelapangan untuk memastikan ukuran tanah dan kepemilikannya. “Kalau dilihat dari sertifikat memang tanah itu milik pemerintah atau pemda. Namun jika ada surat atau sertifikat kembali maka akan ditinjau kembali oleh BPN,” kata Mujahidin, Senin (10/7).

Jika memang ada surat lainnya maka akan ditinjau ulang terkait surat yang ada. Namun jika memang ada sertifikat yang dimiliki oleh pemda maka bisa dilihat ukuran dan juga tahun kepemilikannya. “Kalau disertifikat tersebut bisa terlihat ukuran dan tahun kepemilikan tanah yang bersertifikat tersebut,” tambahnya.

Menurutnya, cara penyelesaian polemik terkait kepemilikan lahan memang harus dilakukan secara langsung dilapangan. “Kita pastikan dilapangan dan juga minta penyaksian dari pihak kelurahan pula. Kalau diselesaiakn dibelakang meja memang tidak bisa terkait kasus ini,” katanya.

Yang jelas BPN juga akan melindungi masyarakat terkait pertanahan jika memang ketika ditinjau ada kelengkapan yang sesuai. “Kami pada prinsipnya melindungi masyarakat nanati dilihat tanah yang bersertifikasi milik pemda lokasi dimana saja,” imbuhnya.

Yang jelas tanah sudah dihibahkan dari yayasan kepada pemerintah kota yang luasnya hanya beberapa haktare. “Kalau punya pemda hanya beberapa saja tidak sampai satu hektare. Selebihnya masih milik yayasan yang mana orang yayasan juga susah ditemui,” pungkasnya. (jef)