Fly Over Jalan Pramuka-Indra Bangsawan One Way

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Pemerintah Kota (Pemkot)  Bandar Lampung mengubah arus lalulintas di flyover Jalan Pramuka-Indra Bangsawan menjadi satu arah.

Kepala Bidang (Kabid) Lalulintas Dinas Perhubungan (Dishub) Bandar Lampung Iskandar menyebutkan, mulai pekan depan, pengendara hanya boleh melintas flyover itu dari arah Jalan Pramuka menuju Jalan Indra Bangsawan.

“Insya Allah, minggu depan kami (Dishub) akan menerapkan arus lalulintas satu arah di flyover Pramuka-Indra Bangsawan,” kata dia.

Iskandar menjelaskan, perubahan ini dikarenakan usulan dari Dinas PU meminta untuk dikembalikan lagi satu arah, karena kalau dua arah, ditakutkan beban jalan tidak kuat untuk menampung kendaraan.

“Flyover ini kan didesain untuk satu arah dari awalnya. Karena itu kami ubah lagi untuk melakukan satu arah. Sebab Flyover tak akan kuat menampung beban kendaraan jika dua arah,”kata dia.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat Dishub akan memasang rambu peringatan satu arah di flyover tersebut.

“Kami segera pasang rambu larangan kendaraan lewat dari jalan indra bangsawan,”ucapnya.

Sementara, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bandar Lampung Iwan Gunawan mengatakan, penerapan arus satu arah itu diselaraskan dengan pembanguan trotoar dekat bahu Flyover Pramuka-Indra Bangsawan.

“Pembangunan trotoar dekat flyover itu merupakan permintaan warga sekitar karena kawasan itu sering menjadi tempat parkir liar,” kata dia.

Selain merubah arus lalulintas menjadi satu arah, menurut Iskandar, pemkot juga akan memasang rambu-rambu lalulintas dan beberapa lampu penerang jalan.

Namun, dia tidak berkenan menjelaskan anggaran pengadaan rambu lalulintas dan lampu penerang jalan. Alasannya, masih tahap pengkajian.

“Kalau anggaran kita lihat dulu ya  berapa, karena ini kan sifatnya masih perencanaan mas,” tandasnya.

Sementara, Anggota Komisi III DPRD Bandar Lampung, Erika Novalia Sani, mendukung adanya rekayasa lalin tersebut, jika memang desain awal memang diperuntukan untuk satu arah.

Namun ia menghimbau hal ini perlu adanya sosialisasi kepada warga dan pengendara terlebih dahulu.

“Sosialisasi penting dilalukan, biar warga tidak bingung. Karena selama ini flyover tersebut untuk dua arah, sama seperti flyover lainnya,”katanya.

Ia juga meminta kepada Dishub agar secepatnya menyiapkan rambu dan penempatan personil di lokasi. (jef/hkw)

News Reporter