. . .

FKMI Menolak Permen No. P20 Tahun 2018

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Ratusan massa yang tergabung dalam pencinta burung kicau Forum Kicau Mania Indonesia (FKMI) Lampung menggelar aksi di area Tugu Adipura, Bandarlampung, Selasa, (14/8).

Dalam aksi yang dilakukan di jantung Kota Bandarlampung tersebut, ratusan massa menolak Peraturan Menteri (Permen) No. P20 Tahun 2018 tentang jenis tumbuhan dan satwa yang dilindungi.

Koordinator aksi Riza Hamim mengatakan, pihaknya juga menuntut pencabutan Permen No. 20/2018 (pengganti PP No 7/1999 tentang pengawetan jenis tumbuhan dan satwa serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menolak diberlakukannya Permen No. P20 Tahun 2018.

“Kami juga meminta kepada pemerintah untuk membuat regulasi berdasar hasil riset secara kompherensif dengan mempertimbangkan aspek sosial yang berdampak kepada masyarakat secara umum,” ujarnya dilokasi.

Pasalnya penolakan tersebut disebabkan adanya spesies baru yang masuk kedalam kategori satwa yang dilindungi yang dikeluarkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Adapun spesies baru yang membuat Forum Kicau Mania Indonesia memprotes Permen tersebut meliputi Murai Batu, Cucak Hijau, Cucak Rowo, Cililin, Beo, Kolibri, Kenari, Kacamata Jawa alian Pleci,  Opior Jawa dan Glatik. (rlo/ang/tnn)