Festival Layang-Layang PUPR Diikuti 4 Negara

0
63
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Sebanyak 400 layang-layang dari berbagai macam bentuk dan ukuran, mulai pagi hingga sore, Minggu (3/12), menghiasi langit Kota Bandarlampung.

Kegiatan itu dalam rangka perayaan puncak Hari Bakti PU ke-72, di Lapangan Korpri, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Kepala Seksi Pembangunan dan Peningkatan Jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lampung, Yudi Aryanto, mengatakan, pada festival layang-layang kali ini ada 75 layangan berukuran besar berjuluk ‘Delta’ yang juga ikut diterbangkan secara bersamaan.

“Layang-layang berukuran besar tersebut, merupakan milik penghobi layangan mancanegara dan lokal, seperti dari Swedia, Kanada, Malaysia, India, hingga Bali,” kata Yudi, di Lapangan Korpri, Pemprov Lampung.

Untuk itu, dengan adanya festival layang-layang kali ini, diharapkan juga dapat ikut mensukseskan program pemerintah dalam sektor kepariwisataan.

“Terakhir festival digelar pada tahun 1992. Dan ini coba dimulai kembali, dan  Lampung sebagai titik awal menuju event-event besar selanjutnya,” ujarnya.

Khusus di Provinsi Lampung sendiri, sambung Yudi, para penghobi dan minat masyarakat akan layang-layang sudah cukup membaik. Kendati demikian, pihaknya akan mencoba menjadikan festival ini sebagai acara rutin setiap tahunnya.

“Komunitas layangan semakin banyak, terlebih lagi ketua layang-layang Indonesia adalah Anshori Djausal. Kedepannya kita gelar event ini setiap tahun di kota-kota seluruh Indonesia, termasuk mancanegara,” jelas Yudi.

Sebelumnya, pada perayaan Hari Bakti PU ke-72, Dinas PUPR Lampung juga sudah menggelar workshop pembuatan layang-layang untuk anak usia dini, TK, SD, hingga SMP, di Kantor PUPR setempat. Dan perhelatan event layang-layang kali ini, secara langsung diselenggarakan oleh Museum Layang-layang Indonesia, Jakarta. (*)