Farhan, Miliki Kemampuan Pidato Bahasa Arab dan Tahfizd Qur’an

0
38
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDAR LAMPUNG – Muhammad Farhan Rasyid merupakan  juara 2 lomba pidato Bahasa Arab tingkat provinsi yang diadakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bandarlampung beberapa waktu lalu.

Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Bandarlampung ini salah satu perwakilan Kota Bandarlampung saat itu untuk mengikuti lomba tersebut. Dengan kemampuan berbahasa Arab yang lancar dia mampu menyingkirkan sejumlah perwakilah setiap kabupaten kota yang ada di Provinsi Lampung.

Selain meraih juara 2 pada lomba tesebut , sebelumnya Farhan juga pernah menjuarai lombaan pidato bahasa arab se-Kota Bandarlampung yang diadakan di MTs Negeri 1 Bandarlampung.

Dengan kemampuan yang telah ia dapat selama menjadi siswa di MTs Negeri 2 Bandarlampung, Farhan bertekad untuk terus meningkatkan prestasi-prestasinya baik dibidang akademik maupun non akademik.

“Saya bisa berbahasa arab ya semenjak saya sekolah di sini. Jadi bisa dikatakan mulai dari nol saya belajar bahasa arab hingga bisa lancar berbahasa arab ya dari MTs Negeri 2 ini. Memang dari awal saya ingin sekolah di sekolah yang berbasis agama islam dan saya rasa MTs Negeri 2 adalah sekolah cocok untuk saya. Maka dari itu saya memilih untuk sekolah di MTs Negeri 2 Bandarlampung ini. Dan Alhamdulillah saya pun mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan-pengetahuan tentang agama islam dan terutamanya saya dapat menguasai bahasa arab, “ujarnya.

Kemampuan Farhan sudah terlihat sejak ia baru menginjak kelas VIII. Awal mulanya farhan mengikuti perlombaan Syarhil Qur’an tingkat Provinsi dan Farhan sebagai penerjemahnya.

”Pertama kali saya mengikuti perlombaan pada lomba Syarhil Qur’an di MAN 1 Bandarlampung, kebetulan saya sebagai penerjemahnya, “kata Farhan yang juga menjabat sebagai Ketua Ekstrakurikuler Rohis.

Prestasi yang telah diraih Farhan bukan hanya pada perlombaan pidato bahasa arab saja. Farhan juga pernah menjadi Juara Harapan 1 pada perlombaan Syarhil Qur’an, juara 2 Kompetensi Sains Madrasah (KSM) mata pelajaran Fisika.

Selain jago berbahasa arab, Farhan yang berdomisili di Jl. Purnawirawan Gg. Swadaya 9 Kelurahan Gunung Terang Bandarlampung ini juga merupakan siswa yang memiliki kemampuan sebagai Tahfizd Qur’an. Menurut pengakuan Farhan, hingga saat ini ia telah berhasil menghafal hampir dua juz.

”Diantara cabang-cabang pada ekskul rohis, saya lebih dominan ke Tahfizd Qur’annya. Alhamdulillah sejauh ini saya sudah mampu menghafal Al-Qur’an hampir 2 juz, “akunya.

Farhan mempunya keinginan melanjutkan sekolah tingkat SMA di MAN Insan Cendekia Serpong lalu kuliah di salah universitas di Madinah. Dan ia pun bercita-cita ingin menjadi seorang ulama.

Apa yang dia raih selama di MTs Negeri 2 Bandarlampung ini merupakan hasil dari pada kerja keras selama dia di MTs. Dengan kesungguhan, kegigihan , keseriusan dan doa menjadikan farhan meraih segalanya. (dsk)