Fahruddin: Cafe Food Cargo and Coffee Club di Jalan Arif Rahman Hakim Belum Berijin

0
406
views
translampung.com – Warga RT 01 kelurahan Tanjung Baru, kecamatan Kedamaian Bandarlampung mengeluhkan keberadaan Cafe Food Cargo and Coffee Club yang ada di Jalan Arif Rahman Hakim, kelurahan Tanjung Baru, Kedamaian.
            Pasalnya, akibat adanya aktifitas yang dilakukan pada Cafe tersebut, warga sekitar semakin resah, karena menimbulkan suara yang bising, yang mengakibatkan mengganggu ketertiban dan kenyamanan masyarakat sekitar.
            Seperti yang diungkapkan Edison, warga sekitar yang mengaku sangat terganggu dengan adanya suara bising di Cafe yang beroperasi pada pukul 15.00 WIB – 00.00 WIB. “Iya sejak berdirinya Cafe ini, kami warga sekitar merasa terganggu dengan suara bising yang ditimbulkan  dari alat musik di Cafe tersebut, karena musik yang di tampilkan merupakan live musik remix dan menggunakan Disc Jockey (DJ).
            Selain bising, kata Edison, sangat tidak layak jika Cafe yang menyerupai Discotik ini berada di depan klinik bersalin yang memiliki banyak pasien melahirkan. “Jadi bukan hanya mengganggu masyarakat sekitar. Tapi mengganggu juga pasien yang akan melahirkan atau yang sedang sakit,” beber dia.
            Mengenai hal ini, masyarakat telah beberapa kali mengingatkan pemilik dan pengelola Cafe agar mengecilkan suara musik pada Cafe tersebut. Namun hingga kini pihak pengelola tidak mengindahkan keluhan warga, bahkan semakin hari suara bising makin menjadi-jadi hingga tengah malam.
            Untuk itu, kami selaku warga meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung agar segera menertibkan keberadaan Cafe tersebut. Karena selain tidak ada izin dari lingkungan keberadaan Cafe tersebut juga dipertanyakan izinnya. “Kami menduga, Izin dari Cafe tersebut tidak ada. Karena memang letaknya melanggar Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), yang seharusnya Jalan Arif Rahman Hakim itu adalah kawasan jasa perdagangan serta pemukiman warga,” jelas Edison.
            Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Perizinan pada Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) kota Bandarlampung, Fachruddin mengatakan, untuk sementara ini Cafe Foof Cargo and Coffee Club yang ada di Jalan Arif Rahman Hakim belum mengantongi izin.
             “Iya sudah kita cek, memang Cafe itu belum terdaftar perizinannya pada BPMP, apalagi untuk menerbitkan Izin Gangguan (HO) harus menyertakan izin lingkungan. Jadi jelas-jelas Cafe itu bodong dan melanggar. Dan warga sekitar juga sudah mengeluhkan. Namun, BPMP tida bisa bertindak, karena yang bisa bertindak dan memberikan sanksi adalah Dinas Tata Kota (Distako), kalau BPMP hanya sebatas admistrasi saja,” Tutur Fachruddin. (jefri)

LEAVE A REPLY