Fadli Zon Tunggu Golkar Kirim Nama Calon Ketua DPR

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA– Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon tidak mempersoalkan Partai Golongan Karya (Golkar) yang belum mengirimkan nama calon ketua DPR yang baru sebagai pengganti Setya Novanto.

Menurut Fadli, para pimpinan DPR tetap mengikuti aturan main sesuai undang-undang. “Itu Fraksi Partai Golkar yang punya hak ketua, kami tunggu surat fraksinya kapan saja,” kata Fadli di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (9/1).

Sampai hari ini, partai yang dipimpin Airlangga Hartarto itu belum mengirimkan surat kepada pimpinan DPR terkait nama calon ketua DPR.

Menurut Fadli, memang tidak ada batasan waktu pengiriman surat. Bahkan, kata dia, jika Partai Golkar ingin sekaligus mengirim nama ketika revisi UU MD3 selesai, juga tidak menjadi persoalan.

“Tidak masalah, tapi memang mungkin memakan waktu lama. Tapi kan tidak ada durasinya,” jelas Fadli.

Wakil ketua umum Partai Gerindra ini merasa tidak perlu mengimbau Partai Golkar untuk mempercepat pengiriman surat.

“Semua sudah tahu aturan mainnya. Pokoknya kami tinggal menunggu mau besok, lusa, ya itu terserah,” kata pelaksana tugas ketua DPR ini.

Dia menambahkan belum adanya ketua DPR definitif tidak menjadi masalah. Sebab, masih ada empat pimpinan lain sesuai bidangnya yang bisa melaksanakan tugas-tugas kedewanan. “Sejauh ini masih bisa di-handle,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Golkar Zainudin Amali mengatakan partainya akan mengajukan nama calon Ketua DPR setelah revisi Undang-Undang MD3 terkait dengan penambahan kursi pimpinan parlemen untuk PDI Perjuangan.

Amali berharap pembahasan revisi UU MD3 yang tertunda itu bisa segera tuntas. Sebab, yang dibahas dalam revisi itu juga tidak banyak.

“Kalau selesai tentu bisa satu paket sekalian (pengajuan nama) ketua dan penambahan wakil ketua,” kata Amali, Senin (8/1). (jpg)

News Reporter