Enam Kecamatan akan ditempatkan Tokoh Agama

0
420
views

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA-Selain akan menempatkan para Ustad dan Da’i dimasing-masing desa, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan juga akan menempatkan para tokoh agama bagi umat non Islam untuk setiap kecamatan.

“Jika untuk umat Islam ada Ustad/Da’i yang akan ditepatkan disetiap desa. Pemkab Lamsel dalam hal ini (BMS-red) juga akan menetapkan para tokoh agama non Islam seperti untuk umat Hindu/Budha disitu ada Pendeta,dan untuk umat Kristen ada tokoh agama seperti Pastur yang akan ditempatkan disetiap kecamatan,” ujar Amrul, salah seorang staf di Bagian Bina Mental dan Spritual yang mewakili Kepala BMS Lamsel, Firdaus saat ditemui di Aula Krakatau dalam acara Audensi dengan para tokoh agama non Islam, Kamis (23/2).

Lebih lanjut dikatakan dia, untuk tehnis perekrutan para Pastur atau Pendeta tersebut, nantinya akan diserahkan langsung kepada para tokoh yang ahli dibidang agama tersebut.

“Pada intinya kami (BMS-red), akan menyerahkan kepada para tokoh agama mereka masing-masing untuk tehnis perekrutanya. Sebab, mereka yang lebih memahami soal tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, diwawancarai secara terpisah Ketua Majelis Parisada Hindu Lamsel, Made Sukintre yang juga Anggota DPRD Lamsel mengatakan untuk tehnis perekrutan Pastur atau Pendeta yang akan ditetapkan nanti lebih mengacu pada pemangku agama yang secara umum.

“Sebagai contoh pemangku agama yang sudah lama mengabdi dan mumpuni dibidang agama. Itu salah satu kreteria yang akan dilakukan, tidak asal main tunjuk saja,” kata dia.

Kemudian, dijelaskan dia untuk penetapan para tokoh/pemangku agama itu nanti polanya tidak bisa seperti para Ustad/Da’i yang setiap desa ada. Sebab para tokoh/pemangku agama ini akan ditempatkan 1 Kecamatan 1 atau 2 orang tokoh/pemangku agama. Hal itu berdasarkan jumlah mayoritas umat yang ada disetiap kecamatan.

“Penempatan tokoh/pemangku agama ini akan dilihat dari banyaknya masyarakat yang menganut agama tersebut. Tidak semua kecamatan ada tokoh/pemangku agamanya,” jelas dia.

Untuk diwilayah Kabupaten Lampung Selatan, dikatakan dia hanya terdapat 6 Kecamatan yang akan ditempatkan tokoh/pemangku agama.

“Dari 17 Kecamatan, hanya terdapat 6 Kecamatan yang akan ditempatkan tokoh/pemangku agama. Jadi tidak semua kecamatan, karena mayoritas masyarakat dilamsel beragama Islam,” kata dia.

Oleh karena itu, ditambahkan dia, untuk penempatan tokoh/pemangku agama ini, untuk 1 Kecamatan bisa ditempatkan 1 atau 2 orang. Tidak bisa 1 desa 1 tokoh/pemangku agama.
“Mudah-mudahan apa yang menjadi program Pemkab Lamsel untuk bidang keagamaan, dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, tampa membedakan Muslim atau Non muslim,” ujar dia.(jhn)