Enam Faktor Pemicu Sakit Maag

0
137
views

 

TRANSLAMPUNG.COM- Anggapan bahwa semua orang punya maag itu keliru. Maag bukanlah jaringan atau organ tubuh manusia. Maag juga bukan kondisi yang pasti muncul dan dialami oleh setiap orang. Hanya orang yang memiliki penyakit tertentu seperti penyakit asam lambung dan tukak lambung yang akan menunjukkan gejala yaitu maag. Ada sejumlah faktor risiko yang memicu timbulnya penyakit ini.

Dalam keterangan tertulis, hellosehat.com, Senin (3/7) banyak orang salah paham dan mengira bahwa maag itu sama dengan asam lambung. Ini karena pada kebanyakan kasus, keluhan maag disebabkan oleh gangguan asam lambung.

Asam lambung sendiri adalah enzim yang diproduksi tubuh secara alami. Gunanya adalah mencerna makanan. Jika kebanyakan asam lambung atau bila asam lambung naik ke kerongkongan, ini akan menyebabkan gejala-gejala yang lebih dikenal dengan sebutan maag. Jadi, sebetulnya tidak semua orang punya maag. Sederhananya, mengatakan semua

Semua orang memang punya asam lambung seperti halnya semua orang punya kadar gula dalam darahnya. Akan tetapi, asam lambung tidak akan menjadi penyakit maag kalau tidak dipicu oleh faktor risiko. Apa yang membuat seseorang rentan terkena penyakit maag? Ada beberapa hal yang bisa memicu maag atau penyakit yang menyebabkan maag.

Pertama Pola Makan, hati-hati dengan pola makan. Seseorang yang berulang kali mengalami pola makan tidak teratur dapat memicu faktor risiko sakit maag.

Kedua Jenis Makanan, bakso, rujak, mi ayam yang sangat pedas menjadi kesukaan setiap orang. Namun sering mengonsumsi makanan pedas atau makanan yang kadar lemaknya tinggi seperti gorengan dapat menjadi faktor risiko penyakit maag.

Lalu yang ketiga Gaya Hidup, gaya hidup tidak sehat seperti merokok atau kebanyakan minum minuman beralkohol juga bisa menjadi faktor risiko.

Keempat Berat Badan, jaga berat badan agar ideal. Kelebihan berat badan atau obesitas juga dapat memicu penyakit maag.

Kelima Konsumsi Obat, sedang menjalani pengobatan tertentu seperti antibiotik, aspirin, steroid, dan pil KB juga bisa menyebabkan sakit maag.

Kemudian yang keenam Kelola Stres, saat stres, biasanya asam lambung akan naik. Stres atau kelelahan bisa menjadi faktor risiko sakit maag. (cr1/jpg)