. . .

Empat Kabupaten Ikuti Pelatihan di Pekon Nusa Wungu 

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PRINGSEWU – Balai pemerintahan desa di Lampung Kementrian dalam Negeri Republik Indonesia yang terletak di Candimas Natar mengadakan Pelatihan pengadaan barang dan jasa di desa bagi tim pengelola kegiatan(TPK) dalam perspektif UU No.6 tahun 2014 tentang desa angkatan 2 di desa Nusa Wungu Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu Lampung, Kamis (6/12).

Pelatihan di ikuti dari perwakilan 4 kabupaten yang terdiri, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Way Kanan , Kabupaten Lampung Timur , Kabupaten Tulang Bawang, pelatihan ini di adakan selama dua hari, dari hari Kamis 6/12/2018 sampai hari jumat 7/12/2018.

Perwakilan dari dinas PMD Pringsewu Sekretaris PMD Ipan mengatakan di dalam pengunaan dana desa untuk pembelian barang dan pengunaan jasa Tim pengelolaan kegiatan (TPK) wajib mengatur itu semua. Karena semua itu telah di atur oleh UU No.6 tahun 2014.

“Untuk perwakilan kabupaten yang mengikuti pelatihan ini, peraturan yang telah di tetapkan dan di atur oleh UU agar di patuhi, sehingga anggaran dana desa itu bisa berjalan dengan pungsinya,”jelasnya.

Camat Banyumas Maudy Ary Nazolla mengatakan, menyambut baik pelatihan ini yang di adakan di Pekon Nusa Wungu. Karena pelatihan ini bisa menambah ilmu bagi kepala pekon dan aparatur pekon dalam menggunakan anggaran dana desa.

“Setelah di adakan pelatihan ini semoga anggaran dana desa di gunakan dengan sebaik mungkin dan tepat sasaran,”ujarnya.

Tuan rumah kepala Pekon Nusa Wungu Kecamatan Banyumas Joko Supriyono mengatakan,di dalam pelatihan ini memaparkan tentang pengelolaan pengadaan barang dan jasa di desa bagi tim pengelola kegiatan(TPK) dalam perspektif yang di atur oleh UU No.6 tahun 2014 tentang desa angkatan dua.

Joko menjelaskan Tim pengelolaan kegiatan(TPK) ada 5 orang, di dalam team ada satu kepala tukang untuk memantau kegiatan pembangunan tersebut, untuk team terdiri kepala pekon, aparatur pekon ,dan masyarakat langsung.

Joko menambahkan Ispektorat dan camat setempat berhak mengawasi anggaran dana pekon, apabila dana pekon ada yang menyimpang ispektorat dan camat mempunyai kewenangan untuk menegurnya.

“Sebagai pihak Pekon Nusa Wungu Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu. untuk dana desa setelah pelatihan ini tim kita akan menjalani sesuai peratutan yang telah di tetapkan oleh Undang-undang, semoga untuk pekon-pekon yang lainnya menjalani peraturan tersebut agar terhindar dari kesalahan dalam menggunakan anggaran desa,”Tegas Kepala Pekon Nusa Wungu Joko Supriyono. (rez)