Eksis Revisi Tatib, AKD Tanggamus Berubah

TRANSLAMPUNG.COM, KOTAAGUNG-Saat ini Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) sedang menunggu hasil revisi tata-tertib (tatib). Setelah revisi rampung, susunan alat kelengkapan dewan (AKD) dalam tubuh lembaga legislatif Bumi Begawi Jejama akan berubah.

Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan mengatakan, pergantian atau rolling komisi merupakan hal yang lumrah di lembaga DPRD. Adapun waktu pergantian sendiri, biasanya setengah periode masa bakti anggota DPRD atau bisa dilaksanakan 2,5 tahun sekali.

“AKD ini terdiri dari Pimpinan Komisi, Badan Legislasi (Banleg), Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), dan Badan Kehormatan (BK). Pergantian AKD ini sudah sesuai dengan tata tertib (tatib) di DPRD Tanggamus, hanya saja saat ini masih menunggu tatib sedang direvisi,” kata Heri seusai memimpin rapat internal DPRD.

Dia menjelaskan, direvisinya tatib, merujuk dari perubahan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 tentang Pedoman Penyusunan tatib DPRD. Tadinya berdasarkan tatib lama tanggal 7 Maret sudah paripurna tentang perubahan AKD.

“Namun terpaksa diundur, karena menunggu perubahan PP Nomor 16 dulu,” terangnya.

Heri menambahkan, bahwa nama-nama anggota DPRD yang akan menduduki posisi sebagai pimpinan komisi, ataupun di AKD lain, merupakan kewenangan dari fraksi partai.

“Nama-nama anggota yang akan menempati posisi AKD fraksi masing-masing, adalah kewenangan fraksi. Mereka menyetorkan nama ke pimpinan DPRD, kemudian dibahas dan disahkan melalui rapat paripurna,” tandas Heri.(ayp)

News Reporter