. . .

E-KTP, Mendagri: Disdukcapil Harus Tanggap 24 Jam

image_print

Foto Dok.Humas Bandarlampung

Plt. Walikota Bandarlampung Yusuf Kohar menghadiri acara seminar bersama Mendagri Tjahyo Kumolo tentang Pancasila Kebhineikaan dan Toleransi oleh BEM Unila di Fakultas Pertanian Unila, Selasa (5/6).

Disdukcapil Bandarlampung Buka 2 Hari Lebih Awal

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Kementerian Dalam Negeri meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) tanggap 24 jam terkait percepatan perekaman maupun pencetakan KTP-El.

Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan, selain pegawai Disdukcapil, masyarakat juga diminta proaktif sehingga perekaman KTP-El maksimal.

“Saya kira sekarang mau dipercepat. Makanya masyarakat proaktif dong.. Diinas dukcapilnya juga harus tanggap 24 jam,” kata Mendagri usai menghadiri deklarasi anti terorisme di kampus Universitas Lampung, Selasa (5/6).

Terkait pemalsuan KTP-El, dia memastikan adalah ulah pihak ketiga.

“Tidak mungkin pemerintah memalsukan KTP-E. Kalaupun ada, pasti oknum yang tidak bertanggungjawab,” kata dia.

Terkait itu Disdukcapil Kota Bandarlampung akan membuka pelayanan 2 hari lebi awal dari jadwal masuk cuti bersama Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Disdukcapil Kota Bandarlampung, A Zainuddin mengatakan, keputusan itu sengaja diambil agar masyarakat tak terhambat dalam mengurus administrasi kependudukan. Seperti pelayanan perekaman dan pencetakan E-KTP karena terbentur libur cuti bersama lebaran.

“Kita ikuti cuti bersama, tapi kita masuk lebi awal 2 hari sebelum masuk cuti bersama. kalau cuti bersama kan masuknya tanggal 21 Juni hari Kamis, jadi kami masuknya tanggal 19 Juni hari Selasa,” ujar Zainuddin saat dihubungi, Selasa (5/6).

Menurut dia, dalam memberikan pelayanan yang maksimal, pihaknya juga akan menerapkan kerja lembur untuk meyelesaikan pencetakan E-KTP bagi masyarakat yang sudah melakukan perekaman.

“Kita cuma masuknya saja yang lebih awal, kalau awal cutinya kita ikut sesuai dengan aturan. Tapi sebelumnya kita akan lembur meyelesaikan pencetakan E-KTP bagi warga yang sudah melakukan perekaman,” katanya.

Diketahui, cuti bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) dimulai sejak tanggal 11 Juni hingga 20 Juni mendatang. (jef/hkw)

 

 

error: Content is protected !!