. . .

Dugaan Penyimpangan Dana Bansos PC-NU Kepala Inspektorat Enggan Komentar,Paisol: Inspektorat Jangan Berdalih.

image_print

TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN.
Terkait Dugaan Penyalahgunaan Dana Bantuan Sosial (Bansos) Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) ‎Terhadap Ketua PC-NU Kabupaten setempat Sugito.,AS sejak tahun 2009-2018, Kepala Inspektorat Bustam efendi enggan menanggapi dugaan tersebut.

Menurutnya hal itu, untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap semua pihak terkait, Inspektorat memerlukan adanya dua alat bukti yakni, Laporan dari pelapor berikut  bukti ‎penguat atau dokumen.

” Saya tidak bisa melakukan pemanggilan pun pemeriksaan kepada semua pihak, sebab kami harus mendapat persetujuan, perintah dari Sekretaris Daerah (Sekda) Herwan sahri. Pastinya, selama ini kami tetap mengacu pada hasil pemeriksaan BPK, ‎jika pemeriksaan itu tidak menemukan penyimpangan dan pelanggaran kami juga mengamininya.” Kata Bustam, saat dijumpai Translampung diruang kerjanya pada (26/7/2018) Pukul 12:14 Wib.

Lanjut dia, hingga sejauh ini inspektorat setempat belum melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap pihak BPKAD Tubaba selaku pemberi bantuan sosial melalui dana hibah Pemkab setempat  terhadap PC-NU.

” kami belum dapat melakukan pemanggilan pemeriksaan lebih lanjut, sebab dugaan kasus ini belum ada laporan resmi, soal menanggapi pemberitaan di beberapa media kami juga tidak dapat menanggapi.” jelasnya secara lantang.

‎Terpisah, Ketua DPRD Tubaba Busroni.,SH didampingi Ketua Komisi C‎ Paisol.,SH menyayangkan atas sikap kepala Inspektorat Bustam efendi, yang enggan memberikan tanggapan terhadap Media atas dugaan penyalah gunaan dana Bansos PC-NU, ada apa..??.

” Tugas Inspektorat itu tidak bisa menunggu perintah dari pimpinan saja, atau enggan bekerja sebelum ada dua alat bukti dari pelapor, karena sudah menjadi kewajiban mereka untuk mendalami jika ada dugaa di mpemberitaan Media, sebab Media tidak dapat melapor namun untuk menindak lanjuti pemeberitaan mereka kita wajib memberikan ‎tanggapan.” Tegas Ketua Komisi C Paisol saat di hubungi melalui Telpon selulernya.

Oleh karena itu‎, semua pihak terkait pada senin-selasa (30-31/7/2018) mendatang akan dilakukan pemanggilan ke DPRD guna dilakukan Hearing lintas komisi diantaranya, BPKAD, Inspektorat, Kesra dan Ketua PC-NU itu sendiri‎, upaya terungkap dugaan penyalahgunaan dana Bansos Pemkab Tubaba jika benar. (Dirman)‎