. . .

Dua Oknum Guru Terduga Pelaku Penipuan Dana Taspen Mendapat Sanksi Berat.

image_print

TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN.

Dua oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Tulangbawang Barat (TUBABA) yang diduga sebagai pelaku pemalsuan pengajuan pinjaman dana ke PT.Mandiri Taspen. Bandar Lampung beberapa bulan lalu, mendapat sanksi berat oleh Pemkab Tubaba.

Diungkapkan Kepala Inspektur Drs.Bustam Efendi. pihaknya telah menjatuhkan sanksi berat bagi dua ASN oknum guru tersebut yakni, penurunan pangkat 1 tingkat kepada keduanya. Saat ini guru dan kepala sekolah tersebut berpangkat 4B karena itu keduanya diturunkan menjadi 4A.

Menurutnya, penurunan pangkat tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengawasan yang dilakukan pihaknya selama ini.

“Sanksi itu berdasarkan keterangan pihak bank dan korban serta Kepala SDN 1 Panaragan Jaya.” Kata Bustam disampaikan oleh Irban I Ali Kaspar pada (10/5/2019).

Lanjut dia, Sanksi tersebut diusulkan setelah dipertimbangkan secara matang dengan merujuk kesalahan dan tindakan yang dilakukan oleh keduanya. Bahkan berkas pengajuan terkait dengan sanksi tersebut telah disampaikan ke Bupati Tulangbawang Barat untuk segera ditandatangani.

“Jika itu telah selesai, maka kita akan menjatuhkan sanksi tersebut sebagaimana ketentuan hukum yang berlaku.” Tegasnya.

Pemberian sanksi tersebut menurut Ali dimaksudkan untuk memberikan efek jera bagi keduanya yang diduga kuat akan merusak citra aparatur sipil negara serta Pemerintah Tubaba, apalagi keduanya merupakan pendidik yang telah puluhan tahun mengabdi di Tubaba.

“Tindakan tersebut sangat tidak pantas mereka lakukan karena merupakan tindak pidana.” jelasnya.

Terkait dengan penyidikan oleh aparat kepolisian pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Polisi upaya dapat menegakkan keadilan dengan dasar fakta yang ada. Yang mana, kedua pelaku telah sengaja memalsukan dokumen pencairan dana pensiun milik korban Sri Wilujeng yang masih aktif selaku guru SDN I Panaragan Jaya, Tulangbawang Tengah, Tubaba. (Dirman).

 

error: Content is protected !!