Dua Gajah Latih Alami Insiden di Semaka saat Pemulangan ke TNWK

0
1381
views

TRANSLAMPUNG, TANGGAMUS – Dua ekor gajah latih Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur bernama Berry dan Indra, mengalami luka ringan. Lantaran truk yang mengangkut mereka mengalami kecelakaan tunggal di turunan Leter S ruas Jalan Lintas Barat Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka, Tanggamus Selasa (5/12) pukul 19.37 WIB.

Truk pengangkut Berry dan Indra Selasa malam, dalam perjalanan menuju Lampung Timur untuk mengantarkan dua gajah latih itu pulang ke TNWK. Berry dan Indra sempat disiagakan di Lapangan Pekon Sedayu, setelah dua ekor gajah latih itu didatangkan ke Semaka untuk menggiring kawanan gajah liar Talangbamban kembali ke wilayah hutan Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan beberapa waktu lalu.

Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili, melalui Kasat Lantas AKP Sopyan saat dikonfirmasi Trans Lampung via ponsel Rabu (6/12) siang, membenarkan truk pengangkut dua ekor gajah latih TNWK mengalami out control di Leter S Jalinbar Sedayu.

“Laporan sementara yang kami terima, kedua gajah TNWK saat ini kembali ke Lapangan Semaka. Tidak bisa melanjutkan perjalanan ke TNWK Lampung Timur. Karena pihak terkait masih mencari truk pengganti. Hanya luka ringan, dua gajah itu juga sudah ditangani dokter dari TNWK yang tiba di Semaka Rabu dini hari,” ujar Sopyan.

Truk jenis Fuso bisa sampai out control, ungkap kasat lantas, diduga lantaran topografi Leter S Jalinbar yang miring dan menurun curam, sementara beban angkutan truk yang sangat berat. Kanit Laka Satlantas Polres Tanggamus Bripka. Rudi Prawira menduga, laka tunggal truk pengangkut Berry dan Indra terjadi lantaran sopir truk Warto Wardoyo (39), kurang menguasai topografi Jalinbar wilayah Sedayu.

Akibatnya begitu tiba di lintasan yang dikenal dengan Leter S, warga Kelurahan Iringmulyo, Kecamatan Metro Timur, Kota Metro itu, tidak dapat mengendalikan laju truknya. Sehingga mungkin truk oleng saat menurun. Belum lagi ditambah beban truk yang mengangkut dua ekor gajah.

“Lalu truk out control dan akhirnya terguling. Untuk data dan identitas awak truk, masih belum saya terima sampai siang ini,”terang Rudi Prawira.

Kapolsek Semaka AKP Muji Harjono mendampingi Kapolres Tanggamus menjelaskan, truk pengangkut Berry dan Indra bernomor polisi BE 9293 AC. Kronologinya, Selasa pukul 19.35 WIB, truk Fuso melintasi Leter S Sedayu. Beruntung, meskipun terluka, Muji menegaskan, kedua gajah latih TNWK dalam kondisi baik-baik saja.

“Rabu dini hari tadi, sekitar pukul 04.00 WIB, dr. Dedi yang merupakan Dokter Hewan dari TNWK, sudah tiba di Lapangan Pekon Sedayu untuk memberikan perawatan medis pada Berry dan Indra. Setelah tadi malam truknya terguling, Berry dan Indra sampai sore ini diistirahatkan di Lapangan Pekon Sedayu pasca diobati. Sembari menunggu kendaraan pengganti,” beber Muji Harjono. (ayp)