Drainase Jelek, Bandarjaya Terancam Banjir

0
385
views

Dalam beberapa hari terakhir, Lampung Tengah diguyur hujan deras. Tingginya intensitas air yang turun, sampai membuat beberapa titik di Lamteng mengalami banjir.
Berdasarkan pantauan Radar Lamteng, Bandarjaya menjadi salah satu daerah yang rawan banjir. Kekhawatiran warga sekitar Bandarjaya daerahnya akan terendam banjir dalam beberapa waktu ke depan sangat beralasan.

Aulia Baiduri, warga Bandarjaya Barat mengatakan, dari tahun ke tahun banjir yang terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) semakin tinggi. Tahun lalu, menurutnya, banjir tidak sampai naik ke kompleks pertokoan di pinggir Jalinsum.

”Dulu gak pernah sampai setinggi ini, sekarang ban motor aja sudah tenggelam kalau pas banjir seperti sekarang,” ujar Aulia yang memiliki salah satu toko elektronik di Bandarjaya.
Hampir setiap malam, Bandarjaya diterpa hujan dan angin kencang. Ketinggian air sampai selutut orang dewasa. Radar Lamteng (grup translampung.com) bahkan menemukan kendaraan bermotor yang masuk ke parit karena jalanan tertutup air. ”Kalau prediksi saya, ini karena saluran drainase yang tidak lancar. Karena banyak juga saluran drainase yang sudah tidak berfungsi karena roboh atau tersumbat,” ungkapnya.

Berdasarkan pantauan, sejumlah titik jalanan yang tergenang banjir di antaranya di belakang Masjid Istiqlal Bandarjaya, sepanjang Jalinsum mulai dari Polsek Terbanggibesar hingga jembatan irigasi, turunan Jalinsum yang berada di Seputihjaya juga sempat terendam dan membuat jalanan terputus dan macet panjang.

Aulia berharap pemerintah daerah memikirkan kondisi yang terjadi di lapangan. Menurutnya, apa yang terjadi saat ini merupakan dampak dari perawatan yang tidak baik.
”Kalau perawatan baik, pasti hal-hal seperti ini tidak terjadi. Karena dulu tidak separah ini,” tuturnya. (rlt)

LEAVE A REPLY