DPRD Lampura Mengharapkan Pemkab Lampura Dapat Mengkoordinir Hasil Musrenbang

0
366
views

Kotabumi – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Utara (Lampura) memiliki pokok pikiran dalam merumuskan program dan kegiatan yang akan dihasilkan pada Musrenbang Kabupaten Lampura, oleh sebab itu Musrenbang yang dilaksanakan pada 17 Maret kemarin diharapkan agar dapat dikoordinir oleh Pemrintah Daerah Kabupaten Lampura.

Hal tersebut Θĩ katakan oleh Ketua DPRD Kabupaten Lampura, Rachmat Hartono, saat dikonfirmasi, Rachmat Hartono mengatakan bahwa dalam Musrenbang yang digelar Kabupaten Lampura, apa yang dihasilkan dalam musrenbang tersebut harus senergi, konsistensi dan terintegritas, dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN), Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) provinsi dan RPJPD Kabupaten, serta RPJMN (Nawa Cita)

“Yang dihasilkan harus sinergi, konsistensi dan terintegritas, dengan RPJPN, RPJMD Provinsi dan RPJPD Kabupaten, serta RPJMN (Nawa cita), hal ini mutlak harus dilakukan, sebagai bentuk kesadaran kita, bahwa dinamika proses pembangunan Lampura adalah bagian dari proses pembangunan RI secara integral,”ujar Ketua DPRD Lampura, Rahmat Hartono, kepada sejumlah wartawan, Jumat (17/3).

Dijelaskan, dalam rumusan program pembangunan harus dilandasi pendekatan teknikratif , yaitu pembangunan yang diselenggarakan harus disusun dengan metode kerangka ilmiah, sejauh mana manfaat, sebuah kegiatan bagi masyarakat, bagi daerah dan bagi negara.

Selain itu, harus dilandasi dengan pendekatan partisipatif yakni pembangunan yang diselenggarakan, harus dilakukan dengan melibatkan peran serta aktif seluruh pemangku kepentingan, baik peran serta dalam bentuk pemikiran, tenaga maupun harta benda.
“Rumusan program harus dilandasi dengan pendekatan ‘botton up and top down planning’ , yaitu pembangungan yang diselenggarakan harus merupakan perpaduan dari aspirasi masyarakat. Dengan kebijakan dari pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten secara berenjang,”ungkapnya.
Lebih lanjut politisi PDI-P ini menambahkan, rumusan program dan kegiatan yang dihasilkan dilandasi dengan semangat sebesar besarnya untuk mengentaskan masyrakat dari kemiskinan, yang artinya pembangunan yang diselenggarakan harus memiliki daya ungkit, untuk meningkatkan pendapatan per kapita penduduk serta mengurangi beban pengeluaran masyarakat.
Selanjutnya, upaya yang besar untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dimana pembangunan yang diselenggarakan harus memiliki kapasitas untuk meningkatkan capaian angka harapan hidup, usia harapan hidup, serta derajat kesehatan lingkungan pemukiman penduduk.
“Dan dalam pokok pikiran kami anggota dewan, rumusan program yang dihasilkan harus dilandasi dengan upaya yang besar untuk meningktkan kualitas pendidikan masyarakat. Artinya, pembangunan yang diselenggarakan harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas, yang bernuansakan profesionalisme disegala bidang, bagi individu masyarakat Lampura,”pungkasnya (Mg11)

LEAVE A REPLY