DPRD Lampung Terima Kujungan Jajaran Polda Lampung

0
59
views

Cegah Peredaran Narkoba dan Tangkal Radikalisme

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung menerima kunjungan kerja (kunker) rombongan Mapolda Lampung dalam rangka silaturahmi dan membahas penangkal peredaran narkoba dan radikalisme di Provinsi Lampung di Ruang Rapat Ketua DPRD Provinsi Lampung, Kamis (9/11).

Kunjungan Rombongan Mapolda yang dipimpin Kapolda Lampung, Irjen Pol. Suroso Hadi Siswoyo disambut langsung oleh Ketua DPRD Lampung, Dedi Afrizal bersama jajaran Komisi dan Sekretaris Dewan.

Dedi Afrizal mengatakan bahwa DPRD akan ikut serta memberikan kontribusi kepada jajaran kepolisian dalam rangka mencegah peredaran narkoba di Provinsi Lampung khususnya.
“Tadi kita sudah bahas bersama Kapolda, soal narkoba dan bagaimana upaya tindak lanjut dari deklarasi zona bebas narkoba yang dilakukan di Kabupaten,” ujarnya.

Menurut Ketua DPRD Lampung, upaya pencegahan peredaran narkoba harus mendapatkan dukungan dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota. Dia menambahkan bahwa dukungan pemerintah tersebut nantinya dapat memberikan pendampingan dan pembinaan kepada para pecandu narkoba yang telah insaf agar tidak kembali lagi terjerumus kedalam zona berbahaya.

“Dukungannya adalah bagaimana para mantan pemakai narkoba yang sudah mengatakan insaf ini tidak kembali makai narkoba lagi. Artinya perlu ada pembinaan dari pemerintah daerah agar para mantan pemakai ini bisa kreatif dan mandiri,” jelasnya.

Tak hanya itu lanjut Dedi, dalam kunjungan Kapolda Lampung ke DPRD juga membahas bagaimana cara menangkalan radikalisme di Provinsi Lampung yang dapat mengancam ketentraman masyarakat dan tidak menimbulkan gesekan sosial dan mengganggu stabilitas nasional.

“Penangkalan radikalisme ini terus kita lakukan mulai dari Forkopimda, sampai masuk kampus, dan sekolah-sekolah. Ini agar memberikan pemahaman agar tidak menimbulkan gesekan horizontal di masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Kapolda Lampung Irjen Pol. Suroso Hadi Siswoyo mengatakan, jajarannya siap melakukan pencegahan peredaran narkoba untuk Lampung bebas narkoba dan menjalankan program-program yang bisa mencegah radikalisme dan terorisme.

“Makanya sebelum kita memberantas habis, kita perlu membuat maping atau membentuk zona-zona wilayah agar target operasinya jelas,” ujarnya.

Irjen Pol. Surosomenambahkan bahwa dengan melakukan penyekatan zona-zona wilayah itu operasi akan lebih fokus lagi dan lebih efisien. “Harapannya dengan adanya penyekatan itu akan mewujudkan zona bebas narkoba, ” harapnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Sekretaris Dewan Kherlani, Wakil Ketua Komisi III DPRD Lampung M. Junaidi, Anggota Komisi I Zamzani Yasin, Anggota Komisi III Sahanah, Anggota Komisi V Yandri Nazir, Wakapolda Lampung dan para pejabat teras Polda Lampung.