DPRD Lampung mendorong Eksekutif Buka Lelang Proyek

0
485
views

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG-DPRD Lampung mendorong untuk Eksekutif agar segera melakukan pelelangan proyek-proyek yang masuk dalam tahun anggaran 2017 ini.

Ketua DPRD Lampung Dedi Afrizal mengatakan, hal ini merujuk kepada sudah dilantiknya sebagian eselon III dan IV di lingkungan Pemprov Lampung.

“Saya harap dengan dialksanakannya rolling beberapa waktu lalu, tahapan selanjutnya yang dilakukan oleh eksekutif adalah melakukan persiapan pengerjaan proyek yang akan dilakukan,” jelasnya.

Dia menegaskan, persiapan harus dilakukan sedini mungkin, agar dalam satu tahun anggaran, tidak selalu muncul keterlambatan pengerjaan Karena pelaksanaan lelang yang terlambat.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, hal tersebut merupakan hal yang harus dirubah dan pihaknya meminta, Pemprov melakukan pelelangan di waktu yang lebih awal.

”Ini kan di beberapa tahun belakangan selalu saja terjadi. Bahkan catatan saya, ada yang pelelangan baru dilakukann dii bulan Agustus. Untuk itu, kami minta agar segera dilaksakanan lelang,” jelasnya.

Politikus PDI Perjuangan ini mengatku selalu bingung dengan adanya keterlambatan ini. Dimana, berdasarkan pengalaman pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sudah disahkan dalam tempo yang lebih awal.

Namun demikian, tetap saja pelaksanaan lelang pengerjaan fisik maupun pengadaan barang dan jasa ini kebanyakan dilakukan lebih dari medio tahun.

”Saya harap ada evaluasi-evaluasi yang harus dilakukan dalam segi perencanaan. Agar pengerjaan waktunya bisa lebih ideal dengan hasilnya,” jelasnya.

Paling tidak, sambung dia ideal yang harus dilakukan dalam pelaksanaan waktu lelang ini adalah di Februari.

”Sebab, proyek fisik juga masih menjadi prioritas yang dilakukan di Lampung. Nah, ini kan membutuhkan waktu. Yang difikirkan adalah bagaimana gangguan seperti gangguan alam dan ganguan lainnya seperti mengenai penundaan-penundaan anggaran lainnya,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Lampung, Taufik Hidayat mengatakan, saat ini sedang mempersiapkan segala hal yang menyangkut tentang kegiatan-kegiatan baik fisik non fisik yang ada di Provinsi Lampung.

”Kan juga butuh waktu dalam persiapan perencanaan juga pelaksanannya. Semua kita siapkan. Yang jelas, jija sudah ada yang siap kan nantinya langsung akan dilakukan lelang,” jelasnya

Menurutnya, pihaknya sudah berkoordinasi dengan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang berkaitan banyak dengan adanya pengerjaan pembangunan baik fisik non fisik di Lampung.

”Sudah dilakukan koordinasi dengan satker. Ya mudah-mudahan secepatnya akan dilakukan semuanya,” jelansya.(tnn)