DPRD Lampung Ingatkan Warning Kasatker

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – DPRD Lampung mengingatkan kepada Pemprov Lampung agar benar-benar menerapkan sistem pengendalian intern pengawas (SPIP).

Ketua Komisi I DPRD Lampung Mirzali mengatakan hal ini berkaitan dengan tata laksana pelaksanaan tugas pokok fungsi (tupoksi) seorang Aparatur Sipil Negara (ASN)
“Pelaksanaan pekerjsaan yang dilakukan oleh pegawai ini sudah tentu harus dengan sesuai tupoksi. Jadi, jangan sampai, menyimpang dari koridor aturan,” jelasnya.

Dijelaskan dia, SPIP ini sangat penting, di mana untuk melakukan fungsi kontrol kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, dalam tepat atau tidaknya tugas yang dikerjakan.

Politisi Partai Golkar ini mengatakan, pelaksanaan SPIP ini juga tidak hanya dilakukan secara formalitas saja. Akan tetapi, Kepala SKPD harus tegas memerintahkan dan menindak jika memang bawahannya melakukan pelanggaran.

”Jangan dibiarkan misalnya yang ada kaitannya dengan pendapatan ke kas daerah kalau dibiarkan kan akan merugikan pemerintah. Jangan tebang pilh untuk memberikan pembinaan seperti punishment secara bertahap,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung Zaini Nurman mengatakan untuk upaya meningkatakan SPIP ini, pihaknya mengatakan sudah melakukan penandatanganan fakta integritas di lingkungan kerjanya.

Hal ini dilakukan atas dasar pertanggungjawaban tupoksi antara atasan dan bawahan dengan mengisikan poin tanggungjawab, punishment serta reward yang diberikan.

”Jadi, dari bawahan memiliki tanggung jawab kerja terhadap atasannya. Misal, staf kepada eselon IV, Eselon IV terhadap eselon III kemudian eselon III kepada Kepala Satuan Kerjanya,” kata dia.

Apabila pekerjaan tidak dilakukan dengan baik, maka akan ada tindakan-tindakan tertentu dari atasan sampai kepala SKPD nya.

”Tapi tidak melulu langsung diberikan punishment. Tapi dilihat dulu seperti apa kesalahannya. Jika benar bisa diperbaiki, intinya kita bina dengan pengarahan. Kalau masih bandel kita berikan teguran, tertulis dan intinya berjenjang,” kata dia (abd/

News Reporter