. . .

DPRD Kota Metro Dorong Pemkot Belanja Damkar

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, METRO – DPRD Kota Metro melalui Komisi 1 DPRD Kota Metro mendorong pemerintah Kota Metro (Pemkot) untuk belanja unit pemadam kebakaran (damkar). Hal ini karena, dinilai saat ini unit damkar yang ada tidak mencukupi dalam menanggulangi bencana kebakaran yang terjadi.

Dalam kurun satu tahun terakhir, beberapa titik di Kota Metro terjadi kebakaran, mulai dari Pasar Cendrawasih dan kediaman Suyono kemarin lusa. Namun penanganan kebakaran masih dinilai kurang maksimal oleh masyarakat.

“Kota Metro dari kemarin lalu dan saat ini banyak terjadi bencana kebakaran. Sehingga diperlukan armada yang mumpuni, selain mobilisasi blangwer minimal tahun depan ini 2 yang bagus. Dan bisa menampung air yang banyak. Juga diperlukan,” kata Basuki selaku, ketua Komisi 1 DPRD Kota Metro, Rabu (1/8).

Komisi 1 menilai, damkar saat ini tidak layak. “Saat ini damkar hanya 2 yang berfungsi. Yang satu berfungsi namun kurang normal, sehingga saat terjadi kebakaran, rumah sudah hangus duluan saat pemadaman,” tandasnya.

Menurut Basuki, tak hanya unit damkar saja yang harus dianggarkan. Untuk pasukan damkar juga harus dibekali Body Protector. “Minimal lima bodyprotector untuk masuk ke tengah-tengah api. Ini leading sektor komisi 1, kita support pemkot untuk penganggarannya,” kata Basuki. (suf/hkw)