. . .

DPRD Bersama Pemkab Pesawaran Gelar Sidang Paripurna Penyampaian Dua Ranperda

image_print

TRANSLAMPUNG.COM,  PESAWARAN – Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Pesawaran bersama dengan pemerintah Kabuapaten Pesawaran melaksanakan Rapat paripurna penyampaian Dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kabupaten Pesawaran.

Penyampaian dua Ranperda yakni Tentang Ranperda Pemilihan Kepala Desa. Dan Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Pesawaran Tahun 2019-2035. Melalui Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pesawaran yang di laksanakan di Ruang sidang DPRD setempat, Selasa (22/1/2019).

Menurut Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona yang di Wakil Bupati Pesawaran Eriawan mengharapkan agar pihak DPRD dapat segera melaksanakan pembahasan dan pada akhirnya dapat menyetujuinya, sehingga Ranperda  tentang Pemilihan Kepala Desa dapat dijadikan Pedoman dalam Pemilihan Kepala Desa  di Tahun 2019 ini dan Ranperda Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Pesawaran Tahun 2019-2035 sesuai tahapannya berdasarkan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 110/M-IND/PER/12/2015 dapat dievaluasi oleh Gubernur.

“Dengan telah disampaikannya 2 Rancangan Peraturan Daerah tersebut, kami berharap agar DPRD Kabupaten Pesawaran dapat segara melaksanakan pembahasan dan pada akhirnya dapat menyetujuinya, sehingga Ranperda ini dapat dievaluasi oleh Gubernur,”kata Eriawan.

Dijelaskan Eriawan Ranperda  tentang Pemilihan Kepala Desa ini dibentuk sesuai amanat Peraturan Perundang-Undangan dan dalam rangka Pemilihan Kepala Desa serentak yang akan dilaksanakan di Kabupaten Pesawaran di Tahun 2019 ini.

“Sehubungan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemiihan Kepala Desa”jelas Eriawan.

Maka lanjut Eriawan Peraturan Daerah Kabupaten Pesawaran Nomor 10 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Pesawaran perlu disesuaikan demgan Ruang Lingkup yang diatur dalam Ranperda Pemilihan Kepala Desa, antara lain Ketentuan Umum. Tata Cara Pemilihan Kepala Desa, Pelaksanaan, Persiapan, Penetapan Pemilih Pencalonan, Pendaftaran Calon, Penelitian Calon, Penetapan dan PengumumanCalon, Kampanye, Pemungutan dan Penghitungan Suara. Penetapan Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan Pegawai Negeri Sipil Sebagai Calon Kepala Desa Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu Melalui Musyawarah Desa.

Selanjutnya Eriawan mengatakan bahwa Ranperda  tentang Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Pesawaran Tahun 2019-2035. Ini dibentuk berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian Junto Pasal 6 Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2015 tentang Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional Tahun 2015-2035.

“Tujuan Ranperda ini di bentuk  untuk  meningkatkan pembangunan industri di Kabupaten Pesawaran agar dapat tumbuh lebih cepat, sehingga dapat berperan lebih besar dalam penciptaan nilai tambah yang berujung pada peran sektor industri pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di Kabupaten Pesawaran,”pungkasnya. (ydn)

error: Content is protected !!