DPRD akan Bentuk Perda Rumah Kost

Upaya Tingkatkan Pendapatan Daerah

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Semakain menjamurnya keberadaan rumah kost-kosan yang ada di Kota Bandarlampung membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandarlampung akan membentuk Peraturan Daerah (Perda ) tentang ‘Rumah Kost’ yang ada di wilayah Tapis Berseri ini.

Menurut Anggota DPRD Kota Bandarlampung, A. Riza mengatakan, saat ini pihaknya sedang menggodok Perda tersebut dengan melibatkan Dinas terkait di Kota Bandarlampung.

“Kita sedang menggodok Perda tersebut karena dalam peraturan ini nanti setiap pemilik kost -kosan harus menaati aturan dalam perda ini,” kata politisi Gerindra ini, Senin (26/2).

Menurutnya dengan dibentuknya Perda tersebut nantinya siapa yang menempati kost-kosan ini harus menaati peraturan yang sudah dibuat, begitu juga dengan pemiliknya akan dikenakan pajak sesuai dengan luas atau banyaknya kost-kosan yang dimikikinya.

“Selama ini sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena kebanyakan orang yang menepati kost-kosan atau kontrakan itu tidak jelas darimana asal usulnya. Kalau sudah adanya peraturan ini tentunya jika ingin menepati harus jelas datanya,” kata A.Riza.

Sedangkan kewajiban pemilik kost-kosan, lanjutnya, akan melaksanakan kewajiban untuk membayar pajak yang sudah di tetapkan sehingga ini juga bisa meninggkatkan Pendapatan Daerah di Kota Bandarlampung.

“Kalau kewajiban pajak pemilik harus membayar sesuai dengan jumalah kamar yang ada jika lebih dari 10 kamar maka akan dikenakan pajak seperti hotel, namun kalau jumlah kamar dibawah 10 unit maka  akan dikenakan retribusi saja,” pungkasnya. (ydn/hkw)

News Reporter