. . .

DPMPPT Lamsel, Mudahkan Pengusaha dalam pembuatan Perizinan melalui Sistem Online Single Submission (OSS) untuk berinvestasi.

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA – Untuk mewujud peningkatan pelayanan yang lebih kepada masyarakat, terutama pengusaha yang berinvestasi di wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

Pemerintah Kabupaten Lampung selatan melalui, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (DPMPPT) Lamsel menerapkan Sistem Online Single Submission (OSS), untuk menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian.

“OSS ini diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 24/2018 dan ini merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha,” kata Kepaka DPMPPT Lamsel, Martoni Sani saat menyampaikan sambutanya dikegiatan OSS yang berlangsung di Grand Elty Nirwana Krakatoa Resort Kalianda, Kamis (28/3/2019).


Sementara itu, Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Lampung Selatan Syahlani, menyatakan atas nama Pemkab Lamsel menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan ini, karena pelaksanaan OSS diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 24/2018 dan ini merupakan upaya pemerintah dalam menyederhanakan perizinan berusaha dan menciptakan model pelayanan perizinan terintegrasi yang cepat dan murah, serta memberi kepastian.

“Sosialisasi Sistem Online Single Submission (OSS) Bagi Pelayanan Perizinan di Kabupaten Lampung Selatan pada hari ini dilandasi atas dasar kesamaan visi agar perizinan berusaha atau berinvestasi menjadi lebih mudah prosesnya dan lebih singkat waktu pengurusannya,”ujar dia.

“Dalam berinvestasi merupakan salah satu pilar perekonomian. Sehingga, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menarik investasi daerah ini. Dengan adanya OSS sebagai layanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik, maka saya melihat ini akan sangat meningkatkan penyederhanaan prosedur perijinan dalam rangka melakukan usaha,” kata dia.

Sistem OSS ini juga, jelas dia merupakan salah satu wujud peningkatan pelayanan yang lebih kepada masyarakat terutama pengusaha yang berinvestasi di wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Pelayanan yang cepat dan menyenangkan ini juga sesuai dengan salah satu visi misi kami yang Pro Investasi.

“OSS ini adalah sebuah reformasi dengan menggunakan model registrasi yang lebih modern, lebih cepat yang didukung oleh sistem data terpadu dan terintegrasi. Sehingga, tidak perlu lagi melewati banyak rantai birokrasi. Sehingga Sistem OSS ini akan menjadi instrumen yang sangat penting dalam upaya meningkatkan daya saing daerah maupun nasional. Oleh sebab itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan sangat mendukung sistem ini bahkan jika mengacu pada Peraturan Presiden No.91/ 2017 Tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

“Oleh sebab itu, saya mengimbau agar dibentuk Satuan Tugas Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Kabupaten Lampung Selatan yang bertugas untuk memberikan kemudahan investasi konstruksi. Tentunya, upaya percepatan tersebut disinergikan dengan penggunaan teknologi informasi melalui Sistem OSS yang sudah menjadi standar baku perizinan,” jelas dia.

Perlu juga dilakukan sosialisasi ini kepada para pengusaha atau masyarakat pemohon perizinan. Karena, tidak jarang juga terjadi pemutarbalikan fakta atau distorsi di perizinan yang disebabkan oleh si pemberi ijin dan si pemohon ijin, hal ini bisa menjadi faktor penghambat investasi.

“Saya berharap dengan adanya Sistem OSS ini, akan dapat meningkatkan iklim inventasi di Kabupaten Lampung Selatan, Sehingga dengan adanya perkembangan investasi maka pertumbuhan atau kesejahteraan masyarakat juga turut berkembang dan lebih baik,” pungkasnya.(Johan)

error: Content is protected !!