Dosen Arsitektur FT UBL Raih Sertifikat

0
929
views
PENCAPAIAN : Keberhasilan dosen Prodi Arsitektur FT UBL Dr. Eng. Fritz Akhmad Nuzir, ST, MA meraih sertifikat Climate Science to Action dari World Bank Group dan bakal launching buku ‘Kotak Katik Kota Kita’ bentuk pencapaian UBL ditingkat lokal hingga global. (Dok. Foto Fritz Akhmad Nuzir/BMHK UBL).

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG– Dosen Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Bandar Lampung (FT UBL) Dr. Eng. Fritz Akhmad Nuzir, ST, MA terus berkiprah dalam upaya mematangkan kajian keilmuannya ditingkat internasional.

Hal ini dibuktikan dengan baru saja mendapatkan sertifikat internasional setelah berhasil menyelesaikan rangkaian kursus online dari World Bank Group dengan tema “From Climate Science to Action”. Perampungan kajian kursus online itu diposting dalam facebook pribadi, Senin (4/6/2017) lalu.

Fritz menuturkan kursus atau pelatihan dalam jaringan ini terdiri dari beberapa tahapan yang masing-masing tahap harus diselesaikan dalam waktu seminggu dalam platform atau aplikasi coursera yang bisa diakses dari smartphone atau komputer. “Materi-materi kuliah yang diberikan sangat bagus mulai dari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan iklim, fakta dan dampak perubahan iklim sampai kepada aksi kita dalam beradaptasi dan menahan dampak dan laju perubahan iklim. Materi kuliah tersebut dapat diakses dalam bentuk video dari berbagai ahli mulai dari peneliti, akademisi, dan politisi dari berbagai negara di seluruh dunia,”ujarnya.

Fritz yang juga Dekan FT UBL ini menambahkan pentingnya mengikuti pelatihan kursus online sampai mendapatkan sertifikat internasional kursus online Climate Science to Action dari World Bank Group, bagi dirinya, termasuk UBL dan masyarakat pada umumnya.

Alumnus Doktoral Arsitektur Universitas Kitakyushu, Jepang ini mengakui adanya kursus internasional Climate Science to Action menjadi momentum bahwa bentuk penyadaran bahwa perubahan iklim adalah suatu fenomena global yang tak kenal batas negara. Terlebih karena manusia hidup dan tinggal bersama dalam satu bumi.

“Saya sangat merekomendasi pelatihan daring (online) ini untuk siapa pun yang peduli terhadap kerusakan yang telah terjadi pada bumi kita akibat tingkah laku manusia. Seperti juga telah tertuang dalam kutipan ayat Al Quran, QS. Arra’du: 11, berbunyi ‘sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa-apa yang ada pada diri mereka,” jelasnya.

Dari segi teknis, kursus online Climate Science to Action dari World Bank Group menganalis peran sivitas akademika dalam menganalisas perubahan suhu yang lebih tinggi, pola hujan yang berubah-ubah, kenaikan permukaan laut dan bencana alam , hingga perubahan iklim yang semakin ekstrim yang efek kembangnya berbahaya bagi milyaran orang didunia.

“Kursus online terbuka yang besar ini menyajikan bukti ilmiah terbaru tentang perubahan iklim dan strategi untuk pengembangan emisi rendah dan iklim yang tangguh. Kegiatan ini memberikan refleksi diskusi tentang kemajuan mengenai Perjanjian Paris (Climate Exchange) dan ratifikasinya, tentang perkembangan perubahan iklim dalam platform penelitian secara interaktif (online),”paparnya.

Rencananya, setelah mendapat sertifikat kursus online Climate Science to Action dari World Bank Group, Fritz berusaha akan mendapatkan buku rangkuman, sebagai bahan pengajaran dikelas, maupun berguna dalam pembangunan wilayah yang menimalisir pemanasan global.

“Hasil (kajian) dari buku ini akan kita terapkan (transfer) dalam kegiatan belajar mengajar. Sebagai model pembelajaran daring (online). Cara seperti ini mungkin bisa jadi solusi untuk pembangunan karakter (capacity building) untuk sivitas akademika kami (UBL), maupun yang di daerah. Pola pembelajaran global berbasis local (education globally act locally) juga diterapkan GBCI, Unesco, dan berbagai organisasi dunia lainnya,”akunya.

Tak berhenti disitu, Fritz Nuzir bersama dua rekan penulis lainnya, Yerri Noer Kartiko dan Ridwan Saifuddin, bakal melaunching  karya non fiksi berjudul “Kotak Katik Kota Kita”. “Buku ini melanjutkan karya fiksi SEMUDA di 2012. Alhamdulillah buku ini berisi narasi ringan tapi bermakna tentang Perkotaan Berwawasan Lingkungan di Provinsi Lampung. Mudah-mudahan bermanfaat langsung bagi masyarakat dan juga perkembangan keilmuan,”katanya.

Tak lupa Fritz membawa pesan Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, MBA  yang mengapresiasi penyampaian Fritz sebagai bentuk perwujudan visi misi UBL menjadi universitas unggul berstandar internasional. “Salah satunya Pak Fritz berhasil dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ditingkat global,”pungkasnya.