DKP Lamsel Siapkan Kembangkan Wisata Akademi

0
646
views
KALIANDA – Keberadaan Jaring Set Net yang dimiliki oleh Dinas Kelautan Perikanan (DKP) yang terpasang di kepulauan Sebuku dan Sekepol di Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan. Selain untuk, meningkatkan pendapatan ikan bagi para nelayan, juga berdampak tumbuhnya ekonomi kreatip bagi masyarakat setempat. Hal itu diungkap, Kepala DKP Lamsel, Meizar Malanesia saat ditemui diruang kerjanya, Senin (14).
Menurut Meizar ekonomi kreatip tidak tumbuh dengan sendirinya, tampa adanya objek yang akan dikunjungi oleh para wisatawan. Sehingga tidak salah, jika keberadaan jaring Set Net menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk datang berkunjung ingin melihat secara langsung apa itu jaring Setnet.
“Sebab jaring Setnet ini, se-Indonesia cuma ada dua satu di Kalimatan satunya lagi untuk di Provinsi Lampung yang berada Lampung Selatan. Oleh karenanya, banyak para wisatawan yang datang dari kalangan pelajar perguruan tinggi yang ada di Lampung maupun dari luar daerah untuk melakukan penelitian,” ujar Meizar.
Selain menjadi suatu kebanggan tersendiri, lanjut dia, juga berdampak peningkatan ekonomi kreatip bagi masyarakat setempat.Dimana masyarakat, yang berada disekitar lokasi menyediakan perahu mereka untuk disewakan menunju jaring Setnet tersebut.
“Selain mereka menyewakan alat perahu, mereka juga menjajakan minuman dan makanan khas kota kalianda kepada wisatawan akademi tersebut. Ini juga menjadi salah satu DKP lamsel membantu meningkatkan perekonomian warga,” kata dia.
Ditambahkan dia, untuk saat ini para wisatawan yang datang baru sebatas kalangan pelajar saja. Namun, tidak menutup kemungkinan masyarakat dari luar daerah akan datang berkunjung untuk melihat, meneliti dan belajar.”Kalau wisatawan rame datang berkunjung untuk melihat jaring Setnet ini, tentu yang diuntungkan masyarakat sekitar karena mereka secara otomatis perekonomiannya menjadi bertambah selain dari hasil menangkap ikan,” katanya.(Mg 10)

LEAVE A REPLY