Ditemukan Puluhan Makanan Kadaluarsa

Saat Tim dari Pemkab Lamsel Sidak Pasar

TRANSLAMPUNG.COM, KALIANDA – Jelang bulan puasa, puluhan jenis makanan kemasan yang siap saji ditemukan sudah kadaluarsa oleh tim inspeksi mendadak (Sidak) pasar Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan.

“Tim waktu sidak di Pasar Karang Anyar 1 Kecamatan Natar pada hari Rabu (9/5) kemarin, kami menemukan ada beberapa jenis makan dalam kemasan sudah kadaluarsa disalah satu warung waralaba yakni kemplang merk Ango, kemasan kaleng susu bendera dan kaleng makanan sarden merk ABC yang sudah rusak dan sudah kadaluarsa. Kami hanya memberikan teguran kepada pemilik toko, untuk tidak menjual lagi barang-barang tersebut,” kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) Mulyadi Saleh, selaku ketua Tim pemantau harga kebutuhan pokok, saat dihubungi, Minggu (13/5).

Untuk kebutuhan sembilan bahan pokok (Sembako) lanjut Mulyadi, untuk harga beras kwalitas sedang Rp.8.200/kg masih dibawah harga yang di tetapkan pemerintah yakni Rp.9.300/kg. Selain itu, kebutuh beras masih aman karna bersamaan dengan musim panen.

“Sedangkan Ayam potong masih diharga Rp.40.000/ekor lebih murah dari harga 3 hari yang lalu yakni Rp.45. 000/ekor,” ujar dia.

Sidak pasar ini, dijelaskan dia tidak hanya pada satu titik pasar saja. Namun, pemantaun baik itu harga maupun lojakan harga kebutahan pokok akan terus dilakukan disetiap pasar di wilayah Kabupaten Lampung Selatan baik menjelang puasa hingga perayaan lebaran nanti.

“Tujuan dari sidak itu, tidak lain agar kebutuhan sembako untuk masyarakat dapat terpenuhi dan tidak ada lonjakan harga yang membuat masyarakat sulit mendapatkan sembako tersebut,” beber dia.

Selain itu, ditambahkan dia Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan nanti juga akan menyiapkan pasar murah untuk menekan harga sembako menjelang lebaran.

“Biasanya, jika menjelang lebaran semua kebutuhan sembako mengalamu kenaikan. Oleh karena itu kami (Pemkab Lamsel-red) akan menggelar Pasar murah untuk warga disetiap kecamatan. Persiapan untuk pasar murah tersebut,  sedang dipersiapkan,” pungkasnya. (jhn/hkw)

News Reporter