. . .

Dishub Pesawaran Rencanakan Pemasang Water Barrier di Dua Titik

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN – Salah satu program kerja yang akan di laksanakan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Pesawaran di tahun ini akan melakukan pemasangan Water Barrier di dua titik sepanjang jalan di Kabupaten Pesawaran.

Pemasangan Water Barrier ini rencananya akan di tepatkan di dua titik yakni di jalan Ahmad Yani tepatnya di jalan Simpang Pengatin Gedongtataan dan juga pihak dishub akan melakukan pemasangan Water Barrier ini di simpang jalan masuk kantor Polres Pesawaran.

Menurut Kepada Dishub Pesawaran Afdal Faisal Water Barrier ini merupakan alat untuk mengatur jalur lalu lintas dalam waktu sementara dan membantu melindungi pengendara, pejalan kaki dan pekerja dari daerah yang berpotensi tinggi menimbukan kecelakaan.

“Kita sudah koordinasi dengan pihak Dirjen Perhubungan Darat untuk merealisasikan harapan kita dan mudah- mudahan di tahun 2018 ini kita akan lakukan pemasangan alat tersebut ,”kata Afdal Faisal saat di wawancari di ruanganya, Kamis (8/11/18).

Afdal Faisal juga menjelaskan bahwa fungsi dari Water Barrier ini selain alat untuk mengatur jalur lalu lintas dalam waktu sementara alat ini juga bisa berfungsi sebagai pembatas jalan atau pembagi ruas jalan para pengguna jalan raya dan juga sebagai pembagi jalan alternatif atau jalan utama.

“Nah,nati Water barrier ini kita pasang di simpang Pengantin dan simpang Kantor Polres pesawaran, gunaya untuk mencegah kendaraan memasuki jalur lalu lintas yang berlawanan arah dan untuk mencegah terjadinya tabrakan dari dua sisi,dan membantu untuk meredam benturan jika terjadi tuburan dan alat ini juga dapat di isi dengan air sebagai pemberat dan juga dapat di kosongkan bila akan di pindahkan ,”jelasnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa hal ini juga sudah di atur dalam Permenhub No 34 tahun 2014 tentang marka jalan, pasal 11 ayat 2, sudah diatur mengenai bahan yang digunakan sebagai pembatas jalan.

“Tentunya untuk pencapaian program-program Dishub yang akan kita laksanakan ini, kita juga berharap kerjasama dari pihak terkait seperti dari pihak kepolisian , PU, dan instansi terkait demi terlaksananya capaian kinerja yang akan kita laksanakan ini demi kemajuan Dishub Pesawaran ini dan segala sesuatu yang akan kita laksanakan tidak terlepas dari koordinasi dengan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona,” pungkasnya. (ydn)