. . .

Dishub Kota Mulai Cek Kelayakan AKAP

image_print

Jelang Mudik Lebaran Tahun 2018

TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Bandarlampung mulai melakukan pengecekan kelayakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Rajabasa, Selasa (22/5).

Hal ini guna memberikan kenyamanan bagi para pemudik lebaran.

Dari 23 bus AKAP yang sudah uji kelayakan yakni pemeriksaan cek fisik dan kelengkapan surat tersebut, hanya 8 bus yang kondisinya laik jalan, dan bisa ditempelkan stiker.

“Hari pertama ini, kami baru periksa 23 bus. Setelah dilakukan pemeriksaan, hanya 8 yang lulus kelayakan, dan kita tempelkan stiker yang menandakan bahwa mobil tersebut memang sudah dilakukan pemeriksaan dan dipastikan aman dari hal berbau teknis”ujar Kepala Bidang (Kabid) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB), Dishub Bandarlampung, Lis Dwi Cahyono usai memantau kelayakan bus.

Ia menuturkan, bus yang tidak laik jalan, dikarenakan beberapa faktor, yakni ban gundul, lampu sen mati, ada juga yang lampu remnya mati.

“Bahkan ada buku KIR yang tidak sesuai dengan alamat domisili. Misalnya tadi ada mobil Bandarlampung tapi buku KIR  nya buku Lamteng, jadi tidak dipasang stiker,” katanya.

Kepala Dishub Bandarlampung, Ahmad Yulivan mengatakan, uji kelayakan dilakukan guna memastikan keamanan bagi warga yang akan melakukan mudik lebaran.

“Kami melakukan guna memastikan keamanan bagi masyarakat. Niatnya kan ingin mudik, jadi jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Untuk personil yang diturunkan yakni berjumlah 8 orang, dan akan dilakukan sampai menjelang idhul fitri.

Ia menambahkan, pada hari kamis (24/5), pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kesahatan dan Polresta Bandarlampung untuk melakukan tes urine dan kesehatan kepada sopir bus AKAP.

“Pemeriksaan ini seperti tes urine, sampai dengan tensi darah,” tandasnya. (jef/hkw)