Disdukcapil Rekam E-KTP ke Sekolah

TRANSLAMPUNG.COM, Lamteng-Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) jemput bola dengan melibatkan petugas dari Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) ke sekolah-sekolah untuk melayani perekaman e-KTP bagi pelajar.

Pelayanan perekaman E-KTP Perdana dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bangunrejo, Jumat (23/2). Program ini dimaksudkan agar pelajar dapat melengkapi dokumen catatan kependudukan kepada pelajar.

Perekaman gratis kepada pelajar tersebut merupakan program “Lampung Tengah Bergerak” dimana pemerintah turun langsung memberikan pelayanan kepada pelajar maupun masyarakat.

Bupati Lamteng Mustafa mengatakan, perekaman E-KTP gratis kepada pelajar ini salah satu program pemkab untuk menyelesaikan program data akurat penduduk di Lamteng.

“Kesempatan kali ini kita wujudkan program Lamteng bergerak. Dimana kita (Pemkab) yang jemput bola langsung,” kata Mustafa kepada wartawan.

Menurutnya, dokumen kependudukan dan catatan sipil yang meliputi Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) dan Akta Kelahiran harus dimiliki oleh pelajar. Karena menjelang kelulusan, para pelajar membutuhkan dokumen tersebut untuk keperluan pedidikan keperguruan tinggi dan melamar pekerjaan.

“Jadi tidak ada lagi para pelajar yang kesulitan buat perekaman E-KTP lagi. Karena alat rekam dan petugasnya kami tugaskan sementara kesekolah ini. Jadi enggak lewat kecamatan lagi. Kalau E-KTP sudah jadi kan perlu buat kerja dan mendaftar ke universitas,” ujarnya.

Ia menambahkan, perekaman dokumen catatan sipil ini akan terus dilakukan disetiap sekolahan SMA,SMK dan pondok pesantren (Ponpes) supaya semua pelajar yang akan lulus sudah memiliki identitas lengkap.

“Tidak hanya di SMAN 1 Bangunrejo saja. Tapi kesemua SMA, SMK dan Ponpes. Karena ponpes sama sekali belum tersentuh proses cacatan kependudukan,” kata dia lagi.

Sementara, kepala SMAN 1 Bangunrejo Syarif Hamka memberikan apresiasi kepada Pemerimtah Daerah khususnya Bupati Lampung Tengah Mustafa yang telah melaksanakan program pelayanan langsung kepada pelajar.

Ia menjelaskan sekitar 200 siswa kelas XII langsung melaksanakan perekaman E-KTP gratis disekolah. Program ini dinilai sangat positif mengingat para pelajar sulit untuk melakukan perekaman E-KTP yang terbentur dengan program kegiatan belajar mengajar (KBM) setiap hari.

“Program pak bupati (Mustafa) sangat bagus. saya rasa pelajar hampir tidak sempat buat perekaman karena Senin sampai Sabtu siswa-siswi kami belajar disekolah, ada waktu hari minggu saja, kalau sudah hari minggu ga bisa rekaman. Ini trobosan baru yang sangat bagus yang dilakukan beliau,” ujar dia.(*)

News Reporter