. . .

Disdukcapil Kabupaten Pesibar Akan Luncurkan KIA

image_print

TRANSLAMPUNG.COM, PESISIR BARAT – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk-Capil) Kabupaten Pesisir Barat (pesibar) segera launcing kartu indentitas anak (KIA)  pada awal tahun 2019 mendatang.  Menurut kepala dinas (Kadis), Bengkeda mengatakan bahwasanya pada awal tahun depan akan segera realisasi untuk kartu anak usia dini.

“Sejauh ini sudah sudah sampai tahapan sosialisasi ke kecamatan kecamatan terdekat,  seperti kecamatan karya pengawa, “ujarnya kepada translampung.com, Selasa(31/7) di ruangannya.

Dijelaskannya,  adapun tujuan sosualisasi tersebut untuk mempromosikan kepada masyrakat luas kegunaan dan ke-unggulan KIA tersebut,  sehingga masyrakat bisa mengetahui program pemerintah pusat sampai ke pedalaman, selain itu mekanisme kartu KIA tidak jauh berbeda dengan mekanismenya E-KTP yang terlebih dahulu sudah realisasi di lapisan masyrakat.

“Untuk ke unggulannya yakni memudahkan pemerintah dalam hal pendataan anak usia belia  dan selain itu tentu untuk mengetahui seberapa banyak tingkat kelahiran anak di suatu daerah, “terangnya.

Masih menurut dia,  selain untuk memudahkan dalam hal pendataan juga menunjang program pemerintah dalam hal kesehatan dan pendidikan. Mengingat pendidikan di Indonesia akan semuanya mengunakan KIA untuk pendaftaran begitu juga dengan BPJS akan mencantumkan KIA.  Sama halnya dengan E-KTP dan KK baik nomor NIK maupun yang masih dicantumkan hanya saja mungki dari segi photo yang berbeda.

“Mudah-mudahan kartu KIA bisa segera terealisasi di Kabupaten Sai Batin dan para ulama ini,  sehingga dapat mempermudah dalam hal pendataan anak di bawah 0-16 tahun, “pungkasnya. (r7)