Disdikbud Lampung Dorong Unila Percepat pendirian S1 Bahasa Lampung

0
389
views

MASIH minimnya keterbutuhan terhadap ketersediaan guru Bahasa Lampung di Provinsi Sai Bumi Ruwa Jurai, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Lampung mendorong Universitas Lampung untuk mempercepat langkah pendirian program studi (prodi) S1 Bahasa Lampung, meskipun kini telah memiliki program diploma (D3) dan program pascasarjana S2 Bahasa Lampung.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Kabiddikdas Disdikbud) Lampung Diona Katharina menyebut langkah ini juga merupakan bentuk lanjut instruksi Gubernur M. Ridho Ficardo yang meminta Disdikbud Lampung berkoordinasi dengan Unila dan sudah sudah ditindaklanjuti dengan bertemu Rektor Unila Hasriadi Mat Akin, beberapa waktu yang lalu.

“Respon dari Unila dan pak Rektornya sangat baik menyambut dan sudah direspon. Insya Allah dalam waktu dekat akan dibuka prodi ini,”katanya.

Langkah percepatan pendirian prodi S1 Bahasa Lampung juga untuk mengakomodir prosesi pengangkat tenaga pendidik Bahasa dan Aksara Lampung guna menjadi Aparatur Sipil Negara-Pegawai Negeri Sipil (ASN-PNS). Untuk itu, para guru mata pelajaran (mapel) tersebut wajib menempuh pendidikan minimal S1.

Diona yang ditemui disela workshop muatan lokal (Mulok) di Ramayana Room Hotel Kurnia Perdana, Kamis (24/3), lalu menyebutkan meski mengapresiasi masih terdapatnya prodi D3 dan S2 Bahasa lampung tapi itu belum cukup.

“kita ambil positifnya mereka (Unila), adanya D3 diperuntukan bagi tenaga praktisi lapangan sedangkan terdapatnya S2 sebagai langkah Unila untuk mempersiapkan tenaga pengajar untuk para dosen jenjang S1,”ujarnya.   

LEAVE A REPLY