Dirkrimsus dan Wadirintelkam Diganti

TRANSLAMPUNG.COM- POLDA-Kapolri Jenderal Tito Karnavian memutasi sejumlah perwira tinggi dan menengah. Nama direktur kriminal khusus (Dirkrimsus) dan wakil direktur intelkam Polda Lampung masuk dalam daftar 123 perwira yang di-rolling.

Ini berdasar Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/587/III/2017 tertanggal 2 Maret 2017 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Arief Sulistyanto.

Kabidhumas Polda Lampung Kombes Sulistyaningsih membenarkan mutasi tersebut. Menurut dia, Dirkrimsus Kombes Dicky Patria Negara akan menempati posisi baru sebagai Kakorwa Bidminwa STIK Lemdiklat Polri.

”Untuk jabatan Dirkrimsus akan digantikan Kombes Rudi Setiawan. Sebelumnya ia menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri,” kata Sulistyaningsih.

Sementara Wadirintelkam Polda Lampung AKBP Mohamad Ridwan dimutasi dan menempati posisi baru Analis Utama TK III Baintelkam Polri. ”Posisinya digantikan AKBP Heri Prihanto yang sebelumnya menjabat Kapolres Mataram, Polda Nusa Tenggara Barat,” ujarnya.

Selain mutasi, ada pembentukan direktorat baru di Bareskrim Polri. Yakni Direktorat Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) yang akan dipimpin Kombes Mohammad Fadil Imran. Ia sebelumnya menjabat Wakil Direktur Tindak Pidana Khusus.

Divisi Humas Polri juga akan memiliki biro baru, yaitu Biro Multimedia. Biro tersebut akan dipimpin Brigjen Yan Fitri Halimansyah.

Pergantian juga terjadi pada sejumlah posisi. Wakapolda Jawa Tengah yang sebelumnya dijabat oleh Brigjen Firli, akan diganti oleh Brigjen Indrajit yang saat ini menjabat Wakakorlantas Polri.

Brigjen Firli selanjutnya menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat menggantikan Brigjen Umar Septono yang digeser menjadi Kakorsabhara Baharkam Polri.

Kemudian jabatan Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri yang sebelumnya dijabat Irjen I Ketut Untung Yoga akan dipegang oleh Irjen Saiful Maltha. I Ketut Untung Yoga diangkat menjadi Wakalemdiklat Polri.

Sementara, posisi Kepala Densus 88 Antiteror akan diisi oleh Brigjen Muhammad Syafii yang menggantikan Brigjen Eddy Hartono. Lalu, Wakapolda Bengkulu akan dijabat Kombes Agus Kurniady yang sebelumnya menjabat Wadirtipidum Bareskrim Polri. Posisi Wadirtipidum Bareskrim Polri akan diisi Kombes R.Z Panca Putra.(tnn)

News Reporter