Dirawat-Inap Gratis Berkat Jamkesmas, Butuhkan Donatur Darah O

0
359
views

Menilik Kondisi Balita Pengidap Thalasemia

HARAPKAN DONATUR DARAH O Purwanti saat menjagai putrinya, Niswa Nafisa (5) yang mengidap anemia thalasemia dan ‎saat ini dirawat di Ruang Perawatan Anak RSUD Islamic Kotaagung lantaran sangat membutuhkan donasi darah golongan O. 
HARAPKAN DONATUR DARAH O
Purwanti saat menjagai putrinya, Niswa Nafisa (5) yang mengidap anemia thalasemia dan ‎saat ini dirawat di Ruang Perawatan Anak RSUD Islamic Kotaagung lantaran sangat membutuhkan donasi darah golongan O.

ANDA pemilik golongan darah O? Inilah saatnya Anda berbagi. Setetes darah Anda, sangat berharga untuk kehidupan Niswa Nafisa. Bocah perempuan usia lima tahun itu divonis mengidap anemia jenis thalasemia. Sehingga, putri kedua dari pasangan Suh Tekan (36) dan Purwanti (35) sangat membutuhkan transfusi darah golongan O. Balita asal Pekon Argopeni, Kecamatan Sumberejo, Tanggamus itu, saat ini sudah dirawat inap di RSUD Islamic Kotaagung berkat layanan Jamkesmas. Lantas, bagaimana kondisinya dan apa itu thalasemia? Berikut tulisannya.

Laporan A. Yogy, KOTAAGUNG

SETELAH menyusuri koridor rumah sakit plat merah dan mengarahkan langkah kaki ke Ruang Perawatan Anak, tampaklah Niswa Nafisa di atas bangsal bersama sang ibunda, Purwanti. Meski jelas terpancar ekspresi lelah di wajah ibu dua anak itu, dia tetap berusaha tegar dan sabar menjagai buah hatinya. Sesekali salah satu tangan Purwanti menggerakkan kipas bambu sembari tangan satunya membelai Niswa.

Balita perempuan itu memang tidak seberuntung anak-anak lain yang bisa lincah bergerak mengeksplorasi lingkungan sekitar. Meski tubuhnya gembul berisi, namun wajahnya pucat dan kondisi badannya lemah. Lantaran, sejak berusia lima bulan, adik dari Kamelia Anasa (7) itu, mengidap anemia thalasemia. Sehingga, demi kelangsungan hidupnya, Niswa harus selalu menjalani transfusi darah.

Direktur RSUD Islamic Kotaagung dr. Dirham Rivai menjelaskan, dalam sekali transfusi, Niswa membutuhkan satu hingga dua kantong darah, tergantung dengan kondisi hemoglobine (Hb). Jika di bawah normal, yakni 10-9 Hb, Niswa harus segera menjalani transfusi darah. Beruntung, dia selalu mendapatkan donasi darah dari orang-orang yang memiliki golongan darah O.‎

Alhamdulillah sekali mas, berkat bantuan dan arahan Pak Kepala Pekon serta semua orang yang peduli dengan Niswa, kami sekarang bisa menggunakan Jamkesmas dan menjalani transfusi darah. Rawat-inap seperti sekarang pun, tanpa mengeluarkan biaya. Kami baru masuk tadi (kemarin, Red) pagi. Besok (hari ini, Red), Hb Niswa akan dicek. Jika sudah normal diperbolehkan pulang. Kalau belum, ya harus dirawat dulu. Dan untuk para donatur darah, saya juga mengucapkan banyak terimakasih serta syukur. Darah golongan O yang dibutuhkan Niswa, selalu ada saja stoknya. Kami mohon doanya agar putri kami bisa cepat sembuh,” ujar Suh, tadi (29/3) sore.‎ (*) 

 

LEAVE A REPLY